Siswa SD Raih Juara World Scholar’s Cup Global Round di Korea Selatan

Kam, 27 Jul 2023 11:29:58pm Dilihat 553 kali author lili purwakarta
[Sassy_Social_Share]

PLATMERAH – Rania Aishalina Kusumo, Kianna Anindira Danindro, dan Sofia Lorenzini dari salah satu sekolah internasional di Jakarta memenangkan tiga putaran debat, mengalahkan tim kelas 6 dari Vietnam dan tim kelas 5 dan 6 dari sekolah lainnya di pertandingan debat ilmiah akademis World Scholar’s Cup (WSC) Global Round Junior yang berlangsung di Seoul, Korea.

Tidak hanya debat, peserta juga diuji kemampuan menulis dalam berbagai topik yang mencakup sains, sosial, sejarah, dan seni.
 
Pertandingan World Scholar’s Cup (WSC) Global Round Junior diikuti oleh 1.500 peserta dari 30 negara. Para peserta terdiri dari siswa SMP (Junior) dan SMA (Senior).

Rania, Kianna, dan Sofia yang masih duduk di kelas 4 SD menjadi peserta termuda karena mereka diikutsertakan dalam kompetisi kategori Junior atau SMP.

Vietnam, yang dikenal sebagai salah satu negara unggulan dalam kompetisi ini pun berhasil dikalahkan. Prestasi ini membuktikan bahwa usia bukanlah batasan dalam pencapaian akademik dan keberhasilan. 

 
Rania bercerita kalau dirinya sempat gugup sebelum mengikuti pertandingan Global Round karena bersaing dengan peserta yang lebih senior. Namun, dengan persiapan yang matang dan dukungan orangtua, ia bisa menjalaninya dengan baik. 
 
“Saya sempat sedikit nervous sebelum Global Round, but I tackled the fear by not giving up, keep moving forward no matter what’s in front of me,” ungkapnya. 
 
Rania mengungkap sejumlah persiapan yang ia lakukan, mulai dari mempelajari materi di rumah bersama orangtua hingga latihan bersama teman setiap minggu.
 
“Juga membaca buku yang bisa membantu saya selama debat, dan menonton video pengetahuan,” imbuhnya. 
 
Kemenangan di kompetisi Global Round telah membuka peluang bagi ketiga siswi untuk berpartisipasi dalam pertandingan debat final di Tournament of the Champions yang akan diselenggarakan di Yale University, Amerika Serikat.
 
Kegiatan tersebut bukan hanya menunjukkan kemampuan berbicara dan berargumen, tetapi juga keberhasilan dalam menganalisa suatu persoalan, mencari solusinya berdasarkan data, mempertahankan argumen dengan logika dan bukti yang kuat. 
 
Rakhmadi Afif Kusumo, ayah dari Rania mengatakan bahwa sebagai orangtua, ia dan istri memberikan dukungan penuh kepada Rania untuk mengembangkan minat dan bakatnya.

“Kami mendukungnya dengan memberikan akses ke sumber belajar yang baik, mengikutsertakannya dalam berbagai kegiatan es dan kursus, dan memberikan dorongan positif untuk mengembangkan potensinya. Kami bangga melihat bagaimana Rania telah berjuang keras dan meraih kesuksesan di WSC Global Round,” ujarnya.

Ia berharap, semakin banyak murid Indonesia yang mampu bersaing dengan baik di kancah global. “Kami berharap bahwa prestasi-prestasi gemilang seperti yang diraih oleh tim anak ini dapat semakin banyak mengharumkan nama Bangsa dan Negara Indonesia,” pungkasnya.

 
Info dari kakek dari cucu salah satu dari 3 Siswa peraih Siswa SD kepada Media platmerah. Bahwa event selanjutnya mereka akan ikut serta di Yale University di USA dan Kianna merupakan cucu bang Yos ex Gubernur DKI.
 
 
 

News Feed

Pj. Bupati Muara Enim Lepas 450 Prajurit Satgas Pamtas Yonif 141/AYJP ke Perbatas RI-PNG

Kam, 13 Jun 2024 04:04:58pm

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) - Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Ahmad Rizali, M.A., melepas 450 prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 141 Aneka...

Pendidikan Kejuruan Bintara Infanteri TNI AD Tahun 2024 Resmi Dibuka oleh Dandodiklatpur di Baturaja OKU

Kam, 13 Jun 2024 03:38:42pm

Platmerah. Net I BATURAJA (OKU) - Bertempat di Lapangan Chandra Dimuka Dodiklatpur Rindam II/Swj, Kemelak Batu Raja, Kabupaten Ogan Komering Ulu...

Pengunjung Sky Deck Bundaran Hotel Indonesia (HI) Kecewa Fasilitas Pelayanan Tidak Berfungsi.

Sel, 11 Jun 2024 03:20:34pm

Pengunjung Sky Deck Bundaran Hotel Indonesia (HI) Kecewa Fasilitas Pelayanan Tidak Berfungsi.   PlatMerah.Net,Jakarta- Sudah beberapa hari...

Sidang Paripurna Depok Bahas RPJPD Kota Depok 2025-2045

Sel, 11 Jun 2024 09:33:29am

Sidang Paripurna Depok Bahas RPJPD Kota Depok 2025-2045 Platmerah.net, Depok-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat...

Serikat Petani Jawa Barat Dukung KH.Dr M.Idris Lc.MA Maju Pilkada Jabar.

Ming, 9 Jun 2024 05:14:41pm

Walikota Depok KH Mohammad Idris Dan Sekretaris Panitia Pardong Serikat Petani Jawa Barat Dukung KH.Dr M.Idris Lc.MA Maju Pilkada...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 8
  • Visit Today : 10
  • Visitors Total : 78358
  • Visit Total : 145324