Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah

Jokowi Merasa Dekat dan Nyaman dengan Partai Hanura

Sen, 26 Des 2022 07:48:37am Dilihat 266 kali author lili purwakarta

JAKARTA – Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) diramal bakal lolos ke parlemen pada Pemilu 2024. Kuatnya kepemimpinan Ketua Umumnya, (OSO) hingga sinyal dukungan pemerintah kepada partai ini, menjadi alasannya.

“Jokowi merasa dekat dan nyaman dengan partai ini. Itu nampak dalam orasinya di perayaan HUT Hanura. Secara tersirat, Jokowi akan membantu partai-partai pendukungnya. Sebagai pemegang kekuasaan, ini akan sangat membantu OSO dan Hanura,” kata Direktur Eksekutif Trias Politik Strategis, Agung Baskoro kepada Rakyat Merdeka, dikutip dari Suara Pemred Kalbar, Senin (26/12).

Apalagi, loyalitas OSO kepada Jokowi juga tidak diragukan. Bahkan, soal pencapresan, OSO dan Hanura siap menunggu arahan Jokowi untuk berhati-hati memilih calon.

“Dalam konteks pemerintahan Jokowi jilid 1 dan 2, Hanura merupakan pendukung loyal. Sehingga, wajar bila ada pernyataan bahwa partai ini paling nyaman diajak kerja sama karena memang memiliki rekam jejak yang jelas,” tambahnya.

Dikatakan, Hanura sebagai partai yang sempat masuk ke parlemen, pasti punya strategi jitu untuk kembali ke Senayan. Bicara Parliamentary Threshold, sambung dia, setiap partai perlu memiliki strategi khusus agar bisa lolos. Utamanya, terkait penguasaan daerah pemilihan yang optimal.

Misalnya, urai dia, PAN yang fokus menggarap para artis, atau PKB yang memiliki ceruk massa yang jelas dengan basis massa Nahdlatul Ulamanya.

Bagaimana dengan Hanura? Dia melihat, OSO belakangan menyampaikan narasi akan mengedepankan dan mementingkan kemajuan daerah.

“Artinya, ada kekhasan, berpihak kepada daerah, yang dimiliki Hanura ketika saat ini memilih berkoalisi dengan pemerintah,” tuturnya.

Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari menyebut, Hanura, khususnya OSO, merupakan pendukung loyal Jokowi. Meski, saat ini andilnya belum maksimal, karena Hanura tidak punya suara di DPR RI.

Beda halnya ketika OSO masih jadi ketua DPD, saat itu Jokowi sangat terbantu.

“Intinya, hubungan keduanya selama ini baik. Itu sebabnya, meski Hanura tak punya kursi, Pak Jokowi tetap hadir saat HUT Hanura. Karena hubungan baik dengan Pak OSO,” ulas Qodari.

Berbicara prospek 2024, Qodari meyakini, tantangan itu dapat dilalui Hanura untuk lolos Parliamentary Threshold. Caranya, dengan memunculkan strategi atau program kerja Hanura yang baru.

Senada, Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin juga melihat, kehadiran Presiden dan Wapres pada HUT Hanura menjadi hal positif. Hal itu membuktikan, hubungan Hanura dengan Jokowi sangat baik.

“Saya melihatnya bukan tolah-toleh. Mungkin Hanura berusaha ikhlas saja, meski kemarin nggak masuk Senayan lagi, dan nggak dapat menteri atau wakil menteri. Jokowi sih senang saja, karena Hanura tidak banyak protes, dan tidak mengganggu juga,” terang Ujang.

Ujang menyakini, Hanura akan lolos ke Senayan. OSO punya modal kepemimpinan yang kuat. Dia berhasil menyolidkan kadernya hingga ke level bawah.

Selain itu, posisi OSO sebagai Ketua Umum juga tidak dalam posisi seperti sebelumnya pada 2019. “Peluangnya cukup terbuka di 2024. Hanura punya modal kader yang jadi DPRD di daerah,” tuturnya.

Pengamat Politik, Dr. Ahmad Atang M.Si  mengatakan, posisi Partai Hanura di daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota cukup kuat hampir setara dengan partai besar lain.

Sehingga dalam menghadapi Tahun Politik Tahun 2024, Hanura harus memperkuat posisi dengan mempersiapkan diri dan memperkuat jaringan infrastruktur Hanura di tingkat Daerah, Ranting, sampai ke tingkat Desa.

Hanura juga wajib melakukan identifikasi figur populis mempunyai pengaruh kuat sehingga mampu mendongkrak popularitas Hanura di tingkat Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

Hanura juga harus bekerja ekstra dengan melakukan program kerja nyata yang mampu menunjukkan eksistensi Hanura dengan program kerja nyata yang peduli kepada rakyat.

Tahun 2024 menjadi kesempatan bagi Hanura untuk mengembalikan posisi dengan masuk dalam Parlemen Threshold serta mampu menunjukkan eksistensi dengan partai baru yang kuat dan mapan.

Semua kader Hanura harus bekerja cerdas dan maksimal secara berkesinambungan sehingga mampu memikat hati masyarakat untuk memilih Hanura dalam Pemilu 2024, sehingga jangan hanya menunggu saat jelang pemilu saja baru mulai bekerja.

Selain itu, Hanura harus melakukan evaluasi terhadap kerja politik dengan melakukan survei politik salah satunya dengan menggandeng Lembaga Survei yang independen untuk melakukan pemetaan politik terhadap potensi kelebihan maupun kelemahan dari kekuatan Hanura serta tidak hanya mendengar laporan dari kader partai karena kemungkinan hanya melaporkan hal-hal baik saja.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menghadiri acara HUT ke-16 Partai Hanura di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (21/12).

Jokowi dan Ma’ruf Amin tampak tiba di tempat acara di Assembly Hall JCC secara bersamaan pukul 16.00 WIB disambut Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO).

Presiden mengenakan batik lengan panjang berwarna kuning keemasan sementara Wapres mengenakan batik berwarna cokelat.

Tema HUT ke-16 Hanura “Membangun Indonesia dengan Hati Nurani”.

HUT ke-16 Partai Hanura dihadiri pengurus dan kader partai dari berbagai daerah, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan partai politik, dan duta besar negara sahabat.

Dalam sambutannya, Jokowi awalnya memberi salam kepada Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin yang hadir langsung di lokasi HUT Partai Hanura.

Jokowi lalu memberikan salam juga kepada pimpinan DPR dan MPR yang hadir. Dia juga menyapa para pimpinan partai politik yang hadir hingga jajaran pengurus DPP Partai Hanura.

Kemudian, Jokowi juga menyapa para kader Partai Hanura dengan slogan ‘Bangkit, Jaya, dan Menang’. Dia mengakui slogan yang disebutnya tidak selantang Ketum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO).

“Tapi kalau dibandingkan dengan Pak Oesman tadi kalah semangat saya, beliau kalau sudah berbicara tiga tadi, bangkit, jaya, dan menang, kayak halilintar suaranya, tegas, keras, dan disambut juga oleh seluruh kader dengan sangat semangat,” ujar dia.

Jokowi menyampaikan baru kali ini ulang tahun partai didatangi presiden dan wakil presiden.

“Belum pernah dalam sejarah ulang tahun partai dihadiri presiden dan wakil presiden. Hanya di Hanura. Belum pernah,” kata Jokowi saat memberi sambutan di HUT Partai Hanura, di JCC, Jakarta, Rabu (21/12).

Jokowi lalu menantang semua pihak yang hadir mengecek fakta tersebut. Dia menekankan tidak ada partai selain Hanura yang HUT-nya dihadiri presiden dan wakil presiden.

“Coba dicek apakah ada ulang tahun partai dihadiri presiden dan wakil presiden, nggak ada, selain di Hanura,” ucapnya.

Tak lupa, Jokowi juga menyampaikan ucapan selamat atas ulang tahun dan keberhasilan Hanura menjadi partai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

“Menurut saya tanpa persiapan pun dipastikan Partai Hanura pasti lolos karena memang sudah terorganisasi, ada DPP-nya, DPD-nya, DPC-nya, ada PAC-nya. Apalagi yang mau dicek, ya pasti lolos,” kata Jokowi.

Presiden dalam sambutannya sempat menyatakan bahwa Hanura adalah partai yang paling enak diajak berkoalisi. Berdasarkan pengalamannya didukung Hanura dua periode, menurutnya, Hanura adalah partai yang konsisten mendukung calon presiden.

“Paling enak koalisi itu ya memang dengan Hanura. Nggak tengok kanan, nggak tengok kiri. Saya buktinya, dari 2014, 2019, nggak pernah meleng ke mana-mana Partai Hanura. Konsistensi itu yang penting dalam membangun negara ini, penting sekali konsistensi,” jelasnya. 

Jokowi memuji strategi politik yang diterapkan Partai Hanura. Kalau misalkan dijalankan dengan sungguh-sungguh, Jokowi menilai strategi Partai Hanura itu bisa membuat yang lain bubar jalan.

Strategi itu sempat disampaikan oleh Ketua Umum Oesman Sapta Odang alias OSO. Strategi itu disingkat OSO dengan sebutan 5S.”Apa tadi pak? 5S, strategi, skill, struktur, sistem, speed. Ini kalau betul-betul dilakukan, yang lain bisa bubar jalan ini,” ujar Jokowi.

Di depan ratusan kader Partai Hanura, Jokowi menekankan sedang tidak bercanda. Ia begitu yakin kalau apa yang disampaikannya itu bisa menjadi senjata bagi Partai Hanura. “Serius, betul. Terutama yang terakhir tadi, speed tadi,” ujarnya.

Di samping itu, Jokowi meminta Partai Hanura untuk ikut berkontribusi menjaga penyelenggaraan Pemilu 2024 agar berjalan damai dan semakin berkualitas. Ia tak ingin, penyelenggaraan pemilu nanti kembali diwarnai politik agama, SARA, dan juga politik identitas.

Jokowi ingin penyelenggaraan pemilu 2024 nanti bisa semakin berkualitas. Karena itu ia mengajak seluruh pihak untuk merayakan momentum pesta demokrasi ini dengan gembira. Jokowi juga mengingatkan seluruh partai agar menjaga suasana menjadi tak tegang maupun panas.

“Ini momen lima tahunan mestinya dirayakan dengan semangat sportivitas, menjadi sebuah pertandingan politik yang sportif, yang sehat dan para pemainnya harus menunjukan permainan yang terbaik, dengan adu gagasan, dengan adu ide, dan rakyat tinggal memilih siapa yang ingin dipilih,” kata dia.

Ia memahami, suasana di tahun politik biasanya memang sedikit menghangat. Namun, ia kembali menekankan agar suasana pemilu tak menjadi panas, salah satunya dengan menghindari ujaran kebencian, hoaks, fitnah, dan saling menghujat.

Sebab, kata Jokowi, stabilitas politik sangat diperlukan dalam pembangunan negara dan juga pertumbuhan ekonomi. Ia pun mengingatkan, kondisi dunia saat ini sedang dalam posisi yang tidak baik-baik saja.

“Jadi jangan sampai situasi dunia yang baru tidak baik-baik saja, beberapa negara sudah masuk ke jurang resesi, kemudian kita di sini politiknya panas. Ini akan menganggu pertumbuhan ekonomi kita. Ini yang harus kita jaga bersama-sama dan kita tetap mengutamakan kerukunan, mengutamakan persatuan, mengutamakan kesatuan bangsa,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang meminta para kader untuk meniru kepribadian Presiden Joko Widodo. Menurutnya, Jokowi merupakan sosok yang pandai merasa dan bukan merasa pandai.

“Kader Hanura bisa mengamalkan filosofi kehidupan raja-raja Jawa dahulu. Jangan sekali-kali kepada rakyat merasa bisa, tiru Pak Jokowi bisa merasa,” katanya.

Dia menyatakan filosofi itu, yakni iso rumongso, ojo rumongso iso. Dia menjelaskan maknanya, jangan sekali-kali kepada rakyat merasa bisa.

OSO mengungkapkan Hanura memiliki filosofi 5S, yakni strategi, struktur organisasi, skill (keterampilan), sistem, dan speed (kecepatan) yang pada akhirnya Partai Hanura menang. “Dua bulan saya berkeliling Indonesia, banyak generasi milenial bergabung di Hanura,” ungkapnya.

Dia menegaskan yang paling penting untuk kemenangan partai adalah para kader dari daerah. Di samping itu, OSO menegaskan bahwa Partai Hanura tetap mendukung Pemerintahan Joko Widodo.

“Sejak awal mendukung Jokowi, sampai yang kedua tetap mendukung Jokowi dan sampai terakhir pun tetap mendukung Jokowi,” katanya.

Penegasan itu disambut tepuk tangan ribuan kader Hanura yang hadir dalam ruangan Jakarta Convention Center (JCC). OSO mengklarifikasi terkait dirinya mendukung salah satu bakal calon presiden pada Pemilu 2024. “Saya belum mendukung siapa pun, apalagi Anies Baswedan,” katanya.

Menurut OSO, dirinya tidak lagi mencari kekuasaan, pangkat, dan jabatan sehingga terkait kabinet mendatang Partai Hanura tetap menunggu arahan dari Joko Widodo.

OSO menegaskan, bahwa Hanura sudah sejak lama mendukung Presiden Jokowi. Terlebih sudah dua periode, bahkan ia menyebut akan mendukung hingga akhir.

“Sorry saja, kenapa kita sejak awal mendukung pak Jokowi sampai kedua mendukung pak Jokowi sampai terakhir kita terus dukung pak Jokowi. Terserah, keputusan ada di tangan pak Jokowi bukan kita,” tuturnya.

Ia lantas mewanti-wanti kepada semua pihak termasuk internalnya agar tidak bersikap sok tahu terkait pilihan Hanura soal capres-cawapres.

“Jangan sok tahu lo, enak aja. Jangan. Jangan merasa pinter, pinterlah merasa. Apa yang dirasakan terasa kan begitu,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Pj Sekda Dampingi Pangdam II/SWJ Letakan Batu Pertama Pembangunan Posramil dan Masjid Abdurachman Tanjung Agung Bantuan dari PT.SBP

Sel, 21 Mar 2023 07:16:28pm

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) - Bupati Muara Enim diwakili Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim H Riswandar, S.H.,M.H...

Panen Raya Perdana di Cicalengka,Dandim 0624/Kab Bandung Dampingi Danrem

Sel, 21 Mar 2023 06:44:06am

PLATMERAH.NET:Dandim 0624/Kab Bandung Dampingi Danrem 062/TN Dalam Rangka Kunker Pangdam III Siliwangi Melaksanakan Panen Raya Padi Perdana BIOS 44...

Danramil 1014/Cimanggung Kapten Inf Rudi Prasetijo Memberikan Materi Wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air Kepada Siswa siswi SMK Perkasa

Sen, 20 Mar 2023 11:32:11am

SUMEDANG – Dalam upaya mencegah kenakalan remaja, Danramil 1014/Cimanggung Kodim 0610/Sumedang turun langsung memberikan materi wawasan kebangsaan...

Jelang Romadhon 1444H Ikuti Pengobatan Gratis Pijat Shiatsu Ala Negara Sakura

Ming, 19 Mar 2023 06:35:01pm

Jelang Romadhon 1444H Ikuti Pengobatan Gratis Pijat Shiatsu Ala Negara Sakura Platmerah.net,Depok-Sebanyak 50 orang anggota ormas, LSM dan...

30 Pemuda Kreatif Kecamatan Limo Gabung Dengan PKS

Ming, 19 Mar 2023 12:56:04pm

30 Pemuda Kreatif Kecamatan Limo Gabung Dengan PKS Platmerah.net,Depok-Bertempat di Kantor DPC. PKS Limo 30 pemu da warga Limo mengikuti...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 4
  • Visit Today : 6
  • Visitors Total : 42833
  • Visit Total : 81777
Chat Whatsapp