Bawaslu Kabupaten Muara Enim Gelar Sosialiasi Pengawasan Partisipatif Masyarakat

Kam, 6 Jun 2024 01:27:57pm Dilihat 148 kali author aldo muara enim
77A82A7C-CA58-49CA-B99D-AB90819B17E8
[Sassy_Social_Share]

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) – Dalam rangka menyukseskan tahapan pemuktahiran data pemilih dan tahapan lainnya pada pemilihan serentak Tahun 2024 Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Muara Enim menggelar kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Masyarakat, yang dibuka secara langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Muara Enim Zainudin, SP.,M.Si, yang juga didampingi oleh Anggota Ahyaudin, SE, Kms.M.Ali Akbar, Afriansyah, S.IP, dan Zulfadli, SE.,MM yang di gelar di Hotel Griya Serasan Sekundang Kab.Muara Enim, Rabu (5/06/2024).

Adapun dalam kegiatan sosialisasi ini peserta yang diundang meliputi dari perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, organisasi masyarakat (Ormas), ikatan wartawan dari berbagai organisasi pers, media radio yang ada di Muara Enim, mahasiswa dan peserta Eksternal dari Polres Muara Enim dengan total 94 orang.

Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Muara Enim Muhammad Suryadi, SE dalam laporannya menjelaskan, layar belakang di gelarnya kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Masyarakat ini dikarenakan saat ini Tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2024 telah berlangsung, berdasarkan peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024 dan juga dalam rangka meningkatkan peran Masyarakat serta mengoptimalkan pengawasan pada setiap tahapan, maka dari itu Bawaslu Muara Enim memandang perlu melibatkan semua pihak tanpa terkecuali dalam melakukan pengawasan.

Adapun tujuan kegiatan kata Suryadi yaitu sebagai bentuk mewujudkan peran masyarakat yang aktif dalam menyukseskan pesta demokrasi dan sebagai bentuk sarana pembelajaran politik yang baik bagi masyarakat pemilih serta mengedukasi kepada seluruh peserta kegiatan untuk berpartisipasi dan berperan aktif dalam pengawasan setiap tahapan pemilihan serentak tahun 2024.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Muara Enim Zainudin dalam sambutannya saat membuka kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Masyarakat tersebut menyampaikan bahwa pelibatan masyarakat sangatlah penting dilakukan dalam mewujudkan pemilihan yang jujur dan adil. Oleh Karena itu kata Zainudin hal merupakan salahsatu upaya Bawaslu Kabupaten Muara Enim dalam melaksanakan fungsi dan tugas pencegahan sesuai apa yang diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 10 Tahun 2026 tentang Pemilihan Kepala Daerah.

“Jadi kemarin itu kami sudah melantik kawan-kawan di 22 Kecamatan dengan jumlah 66 Panwas Kecamatan yang Sudah dilantik dan juga pada tanggal 2 Juni kemarin secara serentak kami juga telah melantik PKD atau Pengawas Kelurahan dan Desa sekabupaten Muara Enim dengan jumlah 255, yang seharusnya 256 yakni termasuk untuk di Desa Ujanmas Baru, tetapi oleh karena kita harus menunggu keputusan dari Mendagri sehingga kita baru melantik 255 Kelurahan dan Desa yang ada di kabupaten Muara Enim,”ujar Zainudin.

Ditambahkan Ketua Bawaslu Muara Enim bahwa sebelumnya pihaknya sudah melantik
Panwaslu Kelurahan/Desa di 22 Kecamatan yang ada di kabupaten Muara Enim pada Pemilihan Serentak Tahun 2024. Tentunya tugas besar dan tanggung jawab yang di emban sangatlah penting untuk menjaga Integritas dan tranparansi dalam proses Demokrasi.

“Ucapan terimakasih kepada bapak ibu kawan-kawan sekalian yang sudah meluangkan waktu untuk memenuhi undangan dari kami ini. Kegiatan ini tanpa ada peran serta dari kehadiran bapak/ibu sekalian maka tidak akan bisa terlaksana dengan baik. Untuk itu denqan adanya kegiatan ini diharapkan semua masyarakat dapat berperan aktif dalam melakukan pengawasan pemilihan serentak tahun 2024 guna mewujudkan Pilkada Tahun 2024 di wilayah Kabupaten Muara Enim yang aman, damai dan kondusif. Selamat mengikuti kegiatan Sosialisasi kepada peserta semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita bersama,”tutupnya.

Dalam kegiatan ini Bawaslu kabupaten Muara Enim mendatangkan 2 (dua) narasumber yang berkompeten yakni Praktisi Pemilu Provinsi Sumatera Selatan, yakni H.Donny Meilono, S.Sy.,Mg dan Praktisi Pemilu sekaligus Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan Periode 2018 – 2023 Syamsul Alwi., S.Sos.I.,M.Si. (HAI) 

News Feed

Candra Ingatkan UMKM Jangan Sampai Terjerat Pinjaman On Line

Sab, 7 Sep 2024 11:09:08pm

  Candra Ingatkan UMKM Jangan Sampai Terjerat Pinjaman On Line Platmerah.Net,Depok-Calon wakil walikota pasangan Supian Suri, Chandra Rahman...

Ombudsman RI Menyambut Baik Kunjungan Dan Inisiatif KOPITU.

Sab, 7 Sep 2024 08:06:06pm

  OMBUDSMAN RI Menyambut Baik Kunjungan Dan Inisiatif KOPITU.   Platmerah.Net,Jakarta-Ketua Umum Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah...

Jokowi ke Paus Fransiskus: Terima Kasih Sudah Penuhi Undangan Kami

Rab, 4 Sep 2024 12:02:05pm

  Paus Fransiskus dan Jokowi di Istana Platmerah.net,Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berterima kasih kepada Pemimpin Gereja Katolik...

H.T.M. Yusufsyah Putra Sampaikan Permohonan Maaf Kepada Warga Kota Depok

Sel, 3 Sep 2024 03:55:21pm

H.T.M. Yusufsyah Putra Sampaikan Permohonan Maaf Kepada Warga Kota Depok   Platmerah.Net,Depok-Ade Supriyatna Anggota DPRD Kota Depok Fraksi...

Sembilan Anggota DPRD Jawa Barat Dapil 8 Depok-Bekasi Resmi Dilantik Bersama Dengan 111Anggota Lainnya

Sen, 2 Sep 2024 11:27:42pm

... Sembilan Anggota DPRD Jawa Barat Dapil 8 Depok-Bekasi Resmi Dilantik Bersama Dengan 111Anggota Lainnya Platmerah.Net,Bandung- Sebanyak 9...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 66
  • Visit Today : 75
  • Visitors Total : 94572
  • Visit Total : 186955