IMG_20240603_145614_857_copy_3444x1512
[Sassy_Social_Share]

 

Terjadi Overload, Server Drop,  Di Hari Pertama Pendaftaran PPDB Online  SMPN/SDN di Depok,

Platmerah.net,Depok- Dinas Pendidikan Kota Depok akui sistem komputer sempat ngdrop  yang mungkin di sebabkan pada saat yang bersamaan  masuknya data data pendaftaran  ke dalam sistem selver miliknya sehingga  sempat terganggu.

Namun setelah beberapa jam sistem terganggu, pihaknya  berhasil memperbaiki dan sekarang  sudah dapat berfungsi kembali.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Depok  Sutarno mengata kan hal itu, di Kantor Sekreta riat PWI Depok Senin Siang (02/06/2024).

Ia menambahkan,  overload sistem disebabkan karena data pendaftaran siswa-siswi tiga jenjang  PAUD,TK,SD dan SMP. masuk  secara bersamaan ke selver miliknya.

Kondisi  ini diakui  sempat menyebab kan sebagian orang tua  murid manjadi  gundah  akibat kejadian tersebut.

Seperti diketahui tahapan pendaftaran siswa Pud,TkSD, dan SMP yakni  tanggal   3-4 juni  2024 Zonasi, 5-6 juni Afirmasi, 7-8 Prestasi   dan seminggu elanjutnya pe gumuman dan pendaftaran ulang tanggal 14 Juni 2024.

Dalam kesempatan tersebut Sekdis Dinas Pendidikan Kota Depok Sutarno meminta kepada segenap elemen  masyarakat  dan rekan rekan  wartawan juga dapat turut memantau proses PPDB tahun 2024.

“Untuk tahun 2024 ini proses pendaftaran  memang berbeda, dimana proses pendaftaran berlangsung secara bersa maan yakni tiga jenjang sekolah TK,SD dan SMP dilakukan pada saat yang bersamaa.” tuturnya.

Ketika ditanyakan apakah  sebelumnya sudah  dilakukan uji coba terkait dengan hak tersebut?

Sutarno menjawab,uji coba sudah dilakukan  diawali dengan pra pendaftaran dari TK ke SD dan lulusan SD daftar ke SMP  gambaran  tersebut  kami sudah punya gambaran, namun karena pendaftaran melalui on line serentak dilakukan menyebabkan selver Dinas Pendidikan “Drop” beberapa saat.

Ditegaskan pendaftaran siswa siswi tahun ini pihaknya juga bekerjasama dengan Pusdatin dalam menentukan  pendafta ran murid sesuai dengan nama yang ada dalam Kartu Keluarga dan domisili.

Pada pendaftaran hari pertama PPDB SDN/SMPN di Kota Depok Tahap I untuk Jalur Zonasi pada 3-4 Juni 2024 di web ppdbkota.depok.go.id.

Informasi yang diterima ppdbkota.depok.go.id tidak bisa diakses lantaran banyaknya masyarakat yang mengakses.

“Overload lalu lintas internetnya, tapi sudah kami antisipasi,” ujar Sekertaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Sutarno.

Pihaknya, lanjut Sutarno, para orang tua siswa sebaiknya tetap terus mencoba melakukan pendaftaran di web ppdbkota.depok.go.id.

“Terus di coba, pasti bisa kok kalau lalulintas pemakaiannya sudah nggak padat. Jadi harus dipantau terus,” terangnya.

Pendaftaran PPDB jenjang TK, SDN dan SMPN untuk Jalur Zonasi di Kota Depok dibuka pada 3-4 Juni 2024.

Menurut Sutarno,  kondisi tersebut saat ini sudah dengan cepat ditangani panitia PPDB Kota Depok, karena memang tidak ada masalah dengan server.

“Padat di pagi hari, sekarang sudah bisa di akses lagi. Sebaiknya para orang tua siswa fokus mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan. Coba lagi, kalau gagal akses, jangan putus asa, di jamin pasti bisa,” jelasnya.

Sutarno berharap pelaksanaan PPDB Disdik Kota Depok pada 2024 ini berlangsung kondusif dan minta semua pihak, terutama para orang tua siswa agar mendukung suksesnya PPDB TK/SDN/SMKN di Kota Depok.

“Kami mohon dukungan semua pihak, terutama para orang tua siswa agar pelaksanaan PPDB TK/SDN/SMPN di Kota Depok berlangsung sesuai dengan asas obyektif, transparan dan akuntabel,” harap Sutarno.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Depok, Rusdy Nurdiansyah mengapresiasi Sekdis Disdik Kota Depok, Sutarno yang langsung responsif dan bergerak cepat mengatasi banyaknya laporan server PPDB Disdik Depok down dengan juga melakukan jumpa pers dengan wartawan di Kantor PWI Kota Depok.

“Kami apresiasi upaya melakukan jumpa pers dengan wartawan di PWI Kota Depok untuk memberikan penjelasan yang terjadi dengan harapan tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat,” jelas Rusdy. (wismo).

News Feed

Candra Ingatkan UMKM Jangan Sampai Terjerat Pinjaman On Line

Sab, 7 Sep 2024 11:09:08pm

  Candra Ingatkan UMKM Jangan Sampai Terjerat Pinjaman On Line Platmerah.Net,Depok-Calon wakil walikota pasangan Supian Suri, Chandra Rahman...

Ombudsman RI Menyambut Baik Kunjungan Dan Inisiatif KOPITU.

Sab, 7 Sep 2024 08:06:06pm

  OMBUDSMAN RI Menyambut Baik Kunjungan Dan Inisiatif KOPITU.   Platmerah.Net,Jakarta-Ketua Umum Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah...

Jokowi ke Paus Fransiskus: Terima Kasih Sudah Penuhi Undangan Kami

Rab, 4 Sep 2024 12:02:05pm

  Paus Fransiskus dan Jokowi di Istana Platmerah.net,Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berterima kasih kepada Pemimpin Gereja Katolik...

H.T.M. Yusufsyah Putra Sampaikan Permohonan Maaf Kepada Warga Kota Depok

Sel, 3 Sep 2024 03:55:21pm

H.T.M. Yusufsyah Putra Sampaikan Permohonan Maaf Kepada Warga Kota Depok   Platmerah.Net,Depok-Ade Supriyatna Anggota DPRD Kota Depok Fraksi...

Sembilan Anggota DPRD Jawa Barat Dapil 8 Depok-Bekasi Resmi Dilantik Bersama Dengan 111Anggota Lainnya

Sen, 2 Sep 2024 11:27:42pm

... Sembilan Anggota DPRD Jawa Barat Dapil 8 Depok-Bekasi Resmi Dilantik Bersama Dengan 111Anggota Lainnya Platmerah.Net,Bandung- Sebanyak 9...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 65
  • Visit Today : 74
  • Visitors Total : 94571
  • Visit Total : 186954