Presiden Joko Widodo Perintahkan Sembilan Menteri Laksanakan Upacara HUT RI Di Daerah 3 T.

Ming, 18 Agu 2024 07:07:28pm Dilihat 56 kali author Wismo
diperintahkan-presiden-9-menteri-pimpin-upacara-di-daerah-3t_232130-2
[Sassy_Social_Share]

 

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya yang melaksanakan Upacara HUT ke-79 RI di Taman Nasional Gunung Rinjani, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Platmerah.net,- Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur- Presiden Joko Widodo tidak menginginkan kemeriahan perayaan HUT ke-79 Kemerde kaan Indonesia hanya dirasa kan di Ibu Kota Negera (IKN Nusantara) dan Istana Negara, Jakarta.

Ia memerintahkan sembilan menterinya untuk memimpin upacara di daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

Perintah tersebut tertuang dalam surat bernomor B-30 /M/S/ TU.00.03/08/2024 yang diteken Menteri Sekretaris Negara Pratikno, pada 14 Agustus 2024.

Di dalam surat yang Rakyat Merdeka peroleh salinannya tersebut, Pratikno mengatakan, Peringatan HUT ke-79 Kemerde kaan Rl akan diselenggarakan secara terpusat di IKN dan lstana Merdeka. Namun, remarak kemeriahan HUT RI juga harus menyentuh daerah 3T di seluruh pelosok Tanah Air.

“Sehubungan dengan hal terse but, kami mohon kesediaan menteri untuk menjadi lnspek tur Upacara atau mengikuti Upacara Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Rl pada 17 Agustus 2024 di daerah 3T, yang lokasinya menyesuaikan perkenan menteri,” tertulis dalam surat tersebut.

Sembilan menteri yang disebut dalam surat itu adalah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Maka rim, Menteri Sosial Tri Rismaha rini; Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif; Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Serta, Menteri Desa, Pembang unan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Halim Iskandar; Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno; Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Menteri Bintang Puspayoga, serta Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

Perintah tersebut, langsung dilaksanakan para pembantu presiden seperri misalnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya yang melaksanakan Upacara HUT ke-79 RI di Taman Nasional Gunung Rinjani, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Di lokasi tersebut, Siti Nurbaya menyapa para pendaki, dan menemui kelompok masyara kat konservasi. Ia juga melepaskan secara liar Elang Bondol atas nama Anjani dan Jayengrana.

Siti Nurbaya mengingatkan, kemerdekaan yang didapat bukan hanya kemerdekaan politik, tetapi juga kemerdeka an dalam arti yang lebih luas. Yakni, untuk hidup di lingkung an yang sehat dan lestari, dan untuk hidup sejahtera.

Di tempat terpisah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif menjadi Inspektur Upacara di Pelataran Museum Geologi Bandung. Ia mengung kapkan, tema HUT ke-79 RI tahun ini yaitu ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’.

“Tema ini merefleksikan semangat bangsa Indonesia untuk menyambut ibu kota baru, yaitu Ibu Kota Nusantara dan senantiasa memberi kita semangat untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Kementerian ESDM berupaya mengejar kemandirian energi bangsa Indonesia. Sehingga produk kebijakan dan regulasi yang ditelurkan harus menunjang untuk pencapaian tersebut.

Lalu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga memilih mengikuti upacara di Desa Loyok, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Dalam sambutannya, ia mengapresiasi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) karena memberi dampak positif bagi masyarakat.

Kata Bintang, Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mendukung pembangunan di desa. Khususnya masyarakat Lombok Timur yang dikenal religius dan berpegang teguh pada nilai-nilai keagamaan.

Sementara, Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengikuti upacara di Lapangan Sepak Bola Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta. Dito hadir mengenakan seragam defile yang dikenakan kontingen Indonesia saat Olimpiade 2024 Paris.

Ia memaknai perayaan HUT RI tahun ini dengan mengingat jasa para pahlawan kemerdekaan. Selain juga sebagai momentum untuk merefleksi diri agar generasi muda semakin maju.

Dalam kesempatan itu, Sandi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara itu mengenakan, pakaian adat dari Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Menurut Sandiaga, peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI ini bagian momentum merayakan kebersamaan dan persatuan Indonesia.

Sedangkan, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki melaksanakan upacara di Alun-alun Rangkasbitung, Banten, bersama Pemerintah Kabupaten Lebak

Tak lupa, politisi Partai NasDem ini menyampaikan salam dari Presiden Jokowi, Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Juga salam dari Prabowo Subianto, dan Gibran Rakabuming Raka selaku presiden dan wakil presiden terpilih.(*).

News Feed

Kantor Camat Dolok Masihul Rawan Banjir, Layanan Masyarakat Lumpuh

Sab, 14 Sep 2024 11:40:03pm

  Kantor Camat Dolok Masihul Rawan Banjir, Layanan Masyarakat Lumpuh Platmerah.net, Serdang Bedagai, Sumatera Utara – Pelayanan publik di...

Sembilan Puluh Persent Warga Kelurahan Pondok Jaya,Kecamatan Cipayung Dukung Supian Suri

Jum, 13 Sep 2024 10:41:29pm

Sembilan Puluh persent Warga Kelurahan Pondok Jaya,Kecamatan Cipayung Dukung Supian Suri Platmerah.net,Depok- Warga Kelurahan Pondok Jaya, Keca...

Akibat Nonton BF Oknum Pengurus Panti Asuhan Dolok Masihul Lakukan Pelecehan

Rab, 11 Sep 2024 05:43:38pm

Akibat Nonton BF Oknum Pengurus Panti Asuhan Dolok Masihul Lakukan Pelecehan Platmerah.net,Serdang Bedagai, Sumatera Utara – Seorang anak yatim...

Jokowi Lantik Gus Ipul Jadi Mensos Gantikan Risma

Rab, 11 Sep 2024 03:07:59pm

  Jokowi Lantik Gus Ipul Jadi Mensos Gantikan Risma Platmerah.Net,Jakarta - Gus Ipul Resmi Dilantik sebagai Menteri Sosial, Siap Maksimal...

Gus Ipul Gantikan Tri Rismaharini Jadi Mensos Dan Irjen Eddy Hartono Jadi Kepala BNPT

Rab, 11 Sep 2024 09:37:02am

  Gus Ipul Gantikan Tri Rismaharini Jadi Mensos Dan Irjen Eddy Hartono Jadi Kepala BNPT Platmerah.net,Jakarta-Presiden Jokowi dijdwalkan...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 33
  • Visit Today : 35
  • Visitors Total : 96251
  • Visit Total : 189748