Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah

Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Sultra Sorot sejumlah Proyek di Kemenag Sultra yang diduga Mangkrak

Kam, 16 Jun 2022 10:47:52pm Dilihat 200 kali author Rintos Sastro Sinambela
IMG-20220616-WA0096

KENDARI, PLAT MERAH.NET|| Kinerja oknum Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara ( Sultra ) kembali mendapat sorotan, tentang Proyek Asrama Haji yang menggunakan anggaran puluhan Milyar namun di duga putus Kontrak dan mangkrak ini ungkapan dari David Kanasongga selaku Wakil sekretaris wilayah Dewan Pimpinan Wilayah ( DPW ) Lumbung Informasi Rakyat ( LIRA ) Sulawesi Tenggara.

Bahkan sangat serius menyikapi persoalan yang sedang terjadi pada Kanwil Kemenag Sultra.

David Konasongga saat di temui disalah satu warung kopi ( Warkop) yang ada di Kota Kendari menyampaikan bahwasannya, berdasarkan hasil Investigasi dan Advokasi kawan-kawan LIRA dilapangan telah menemukan banyak kejanggalan terhadap sejumlah proyek pembangunan kontruksi serta pengadaan barang yang melekat pada Kanwil Kemenag Provinsi Sultra, ” ucapnya pada Kamis ( 16/06/2022).

Sementara yang menjadi sorotan oleh pihak DPW LIRA Sultra adalah terkait proyek fisik pembangunan yang sedang berjalan yang diduga banyak temuan dan terindikasi ada tindak pidana korupsi (KKN) sehingga kami perlu melakukan sorotan untuk menghindari kerugian keuangan negara.” Ujarnya.

Lebih lanjut David Konasongga yang juga aktivis muda Sultra ini mengatakan, adapun Item proyek pembangunan yang kami maksud adalah diantaranya :

1. Kontruksi fisik Revitalisasi dan Pengembangan Asrama Haji
2. Pembangunan Gedung Studio Manasik
3. Pembangunan Aula Kedatangan Arafah
4. Pembangunan Area Manasik Ka’Bah
5. Pembangunan Pagar dan Talud Asrama Haji
6. Pengadaan Peralatan dan Mesin

Dimana proyek tersebut diatas dengan menggunakan anggaran Negara puluhan Miliar, tentunya ini bukan jumlah anggaran yang sedikit dan hal ini sangat perlu dilakukan sosial Control terhadap kegiatan tersebut, “Harap Aktivis Muda ini David Konasongga.

Parahnya lagi salah satu item kegiatan tersebut diduga kuat telah menyebrang tahun dan belum selesai bahkan kegiatan tersebut telah terjadi pemutusan kontrak kerja terhadap perusahaan pemenang lelang proyek kegiatan tersebut, ” beber Wakil Sekertaris Wilayah LIRA Sultra ini kepada wartawan.

Belum lagi sejumlah pengadaan peralatan perlengkapan dengan anggaran Milayaran Rupiah,Baik itu Metode penunjukan Langsung maupun e-Purchasing yang diduga belum lengkap, pasalnya saat tim melakukan investigasi menemukan contoh kecil peralatan perlengkapan tenda Hanya berkesiar 6 buah, artinya ada ketidak sesuaian antara Besaran anggaran dengan Realisasi fisik dilapangan,sambung David.

Dalam Waktu Dekat kami akan berangkat ke Jakarta dalam agenda penting Dewan Pimpinan Pusat (DPP LIRA) yakni Rapat Kerja Nasional (Rakernas) LIRA yang akan diselengaran di Jakarta dan sekaligus kami akan bertandang di kantor Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK – RI) Untuk melakukan unjuk rasa (Unras) guna menyampaikan Aspirasi kami di pusat dan mengawal sampai Tuntas (Dokument terlampir),Tegas Aktivis Muda Sultra ini.

Kami berharap agar Aparat Penegak Hukum ( APH ) untuk tidak tinggal diam,dalam menyikapi persoalan yang sedang terjadi di tubuh Kanwil Kemenag Sultra

Selain itu hasil investigasi teman-teman LIRA Sultra banyak Proyek pembangunan yang diduga mangkrak dan perlu di lakukan perhatian khusus oleh pemerintah dan juga APH, sebab kegiatan tersebut dapat menjadi Celah untuk melakukan perbuatan yang melawan hukum, ucar David.

Sementara terkait pemberitaan ini pihak media ini belum mendapat tanggapan atau konfirmasi dari Pihak Kanwil Kemenag Sultra maupun dari PPK Proyek dan rekanan yang selaku pemenang tender.

Kontributor Sultra
ISKANDAR RAPI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Petahana Ketua LPM Kelurahan Ratu Jaya Pandu Kembali Terpilih

Sen, 28 Nov 2022 07:59:24am

Kandidat Mulyadi,Petahana Pandu,Lurah Ratu Jaya Bambang Sugiarto dan  tokoh masyarakat. Platmerah.net,Depok- Melalui putaran kedua Pandu...

Petahana Ketua LPM Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok Dudung HS Tumbang

Sen, 28 Nov 2022 02:19:59am

   Ketua LPM Cipayung Jaya, Cipayung Depok Terpilih Ustad Karsef Zarkasyi Platmerah.net,Depok -Ustadz Karsef Zarkasyi no urut 2 terpilih...

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Silaturahmi Dengan Para Wartawan

Ming, 27 Nov 2022 11:52:34am

  Platmerah.Net, Bandung,- Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi Menggelar Silaturahmi Dengan Para Wartawan Baik Dari Media...

Tiga Kandidat Memperebutkan Ketua LPM Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung,Kota Depok.

Sab, 26 Nov 2022 05:49:00pm

Tiga Kandidat Memperebutkan Ketua LPM Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung,Kota Depok.   Platmerah.net,Depok -Tiga kandidat perebutkan Jabatan...

Pasar Murah Dihari ke 2 Kadin Konawe, Komoditi Beras Mendominasi Transaksi Penjualan

Sab, 26 Nov 2022 10:02:30am

UNAAHA || PLATMERAH.NET || Sesi penutupan hari ke dua pasar murah Kadin Konawe masih didominasi komoditi bahan pokok beras, disusul bahan pokok telur...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 24
  • Visit Today : 102
  • Visitors Total : 31451
  • Visit Total : 53898
Chat Whatsapp