Vokasi UI 2023 Sosialisasikan Gerakan Tanam Bakau dan  Mangrove di Daerah Pesisir

Kam, 12 Okt 2023 09:55:39pm Dilihat 278 kali author Wismo
[Sassy_Social_Share]

Vokasi UI 2023 Sosialisasikan Gerakan Tanam Bakau dan  Mangrove di Daerah Pesisir

Platmerah.net, Bekasi-  Puluhan mahasiswa  Universitas Indonesia  lakukan sosialisasi Gerakan Tan Bakau kepada Warga Desa Pantai Bakti, Muara Gembong, Bekasi,Jawa Barat.

Mereka  melakukan pengab dian kepada  masyarakat guna membantu warga pesisir di Pantai Muara Bungin  dalam memahami pentingnya penanaman mangrove di
sekitar mereka melalui sosialisasi kegiatan GERTAKAU yang disingkat dari frase Gera kan Tanam Bakau.

D.K.S Nugraha, aktivis lingkung an hidup sekaligus dosen pembimbing GERTAKAU Vokasi UI 2023 mengatakan, bahwa mangrove adalah salah satu elemen penting dalam mencapai kesejahteraan ekonomi masyarakat lokal. Penanaman dan pengelolaan mangrove yang baik dapat memperkaya pendapatan warga dari sektor sumber daya laut.

Dikatan,akar bakau juga dapat
menyaring garam dari air laut, sehingga masyarakat bisa mendapat akses lebih terhadap air bersih melalui pengelolaan bakau.

Pada sesi tanya jawab, salah satu warga pun mengungkap kan kekecewaannya warga terhadap oknum tidak bertanggung jawab yang menambang pasir di pantai desanya,terangnya.

Warga menilai tindakan orang- orang tersebut meng hambat upaya pembangunan Desa Pantai Bakti,tambahnya.

Warga lainnya juga mengeluh kan buruknya kondisi jalanan desa menuju pantai, mereka menilai ini juga salah satu faktor yang meng hambat kedatangan calon wisatawan.

Selanjutnya, D.K.S. Nugraha mengatakan mahasiswa, warga, pemerintah, lembaga non pemerintah dan media merupakan lima pilar utama untuk mencapai pembangunan berbasis kearifan lokal Desa Pantai Bakti.

Oleh karena itu, ia yakin bahwa jika kegiatan ini mendapat dukungan eskternal, terlebih dari pemerintah dan masyarakat, visi pembangunan ini dapat lebih mudah terwu jud.

Selain itu, media juga punya peran penting dalam menye barkan pesan untuk mening katkan atensi dari pemerintah dan khalayak umum.

Sementara itu,Yafi Shafwan selaku ketua pelaksana Gertakau Vokasi UI 2023, menyatakan bahwa pada tahun ini, ia dan rekan-rekan VPO (Vice Project Officer)-nya mengangkat isu transisi energi.

Ia juga menuturkan bahwa program tersebut merupakan
bentuk komitmen dan kontri busi BEM Vokasi UI 2023 dalam mitigasi perubahan iklim.

Rangkaian lain yang berlang sung di Gertakau adalah pembersihan sampah di pinggir pantai.

Sedangkan Otong, Wakil Kepala Desa Pantai Bakti, juga menya yangkan sebagian besar warga masih sering membuang sampah di tepi pantai. Ia berharap melalui program ini, masyarakat Desa Pantai Bakti sadar untuk tidak membuang sampah di pesisir pantai dan bahu membahu menjaga kebersihannya.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan GERTAKAU Vokasi UI. Tentu saja keterlibatan pemangku kepentingan sangat diperlukan. Oleh karena itu kami ingin hubungan ini (masyarakat desa dan mahasiswa) tidak berhenti sampai di sini saja, melainkan berkelanjutan.” ujarnya.

Selain itu, Deki Surahmat selaku Kemahasiswaan Program Pendidikan Vokasi UI juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Green Welfare Indonesia karena telah mendukung GERTAKAU dan menjadi mitra pada pelaksanaannya tahun ini.

Ia berharap sinergi yang terjalin antara BEM Vokasi UI 2023 dengan Green Welfare Indonesia dalam penyeleng garaan GERTAKAU 2023 mampu membantu gerakan tersebut mewujudkan visi bersama untuk mewujudkan pembangunan di desa Pantai Bakti.(*).

News Feed

Muara Enim Matangkan Pemberangkatan 395 orang JCH Tahun 2024

Rab, 24 Apr 2024 05:43:53pm

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) - Guna mematangkan keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Muara Enim yang diagendakan keberangkatannya...

257 Peserta Didik Kelas XII dan XIII GP SMK Bukit Asam Tahun Ajaran 2023/2024 di Serahkan

Rab, 24 Apr 2024 04:48:43pm

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) -  Sebanyak 257 peserta didik Kelas XII dan XIII Geologi Pertambangan (GP) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)...

OSO Intruksikan Untuk Buka Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah

Rab, 24 Apr 2024 04:26:20am

Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Oesman Sapta Odang Dan jajaran Pengurus Pusat Hanura   Platmerah.net,Jakarta-Ketua Umum Partai...

Halal bi Halal DPC PKB Sékaligus Konsolidasi Penjaringan Bakal Calon Wali-Wakil Walikota Depok

Sel, 23 Apr 2024 09:38:28am

Halal bi Halal DPC PKB Sékaligus Konsolidasi Penjaringan Bakal Calon Wali-Wakil Walikota Depok Platmetah.net,Depok- Partai Kebangkitan Bangsa...

Ketua MK Suhartoyo Menolak Permohonan  Ganjar-Mahfud, Menolak Eksepsi Termohon dan Pihak Terkait

Sen, 22 Apr 2024 07:05:12pm

Ketua MK Suhartoyo Menolak Permohonan  Ganjar-Mahfud, Menolak Eksepsi Termohon dan Pihak Terkait Platmerah.net,Jakarta-Mahka mah Konstitusi (MK) ...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 116
  • Visit Today : 176
  • Visitors Total : 76573
  • Visit Total : 142430