Vokasi UI 2023 Sosialisasikan Gerakan Tanam Bakau dan  Mangrove di Daerah Pesisir

Kam, 12 Okt 2023 09:55:39pm Dilihat 326 kali author Wismo
[Sassy_Social_Share]

Vokasi UI 2023 Sosialisasikan Gerakan Tanam Bakau dan  Mangrove di Daerah Pesisir

Platmerah.net, Bekasi-  Puluhan mahasiswa  Universitas Indonesia  lakukan sosialisasi Gerakan Tan Bakau kepada Warga Desa Pantai Bakti, Muara Gembong, Bekasi,Jawa Barat.

Mereka  melakukan pengab dian kepada  masyarakat guna membantu warga pesisir di Pantai Muara Bungin  dalam memahami pentingnya penanaman mangrove di
sekitar mereka melalui sosialisasi kegiatan GERTAKAU yang disingkat dari frase Gera kan Tanam Bakau.

D.K.S Nugraha, aktivis lingkung an hidup sekaligus dosen pembimbing GERTAKAU Vokasi UI 2023 mengatakan, bahwa mangrove adalah salah satu elemen penting dalam mencapai kesejahteraan ekonomi masyarakat lokal. Penanaman dan pengelolaan mangrove yang baik dapat memperkaya pendapatan warga dari sektor sumber daya laut.

Dikatan,akar bakau juga dapat
menyaring garam dari air laut, sehingga masyarakat bisa mendapat akses lebih terhadap air bersih melalui pengelolaan bakau.

Pada sesi tanya jawab, salah satu warga pun mengungkap kan kekecewaannya warga terhadap oknum tidak bertanggung jawab yang menambang pasir di pantai desanya,terangnya.

Warga menilai tindakan orang- orang tersebut meng hambat upaya pembangunan Desa Pantai Bakti,tambahnya.

Warga lainnya juga mengeluh kan buruknya kondisi jalanan desa menuju pantai, mereka menilai ini juga salah satu faktor yang meng hambat kedatangan calon wisatawan.

Selanjutnya, D.K.S. Nugraha mengatakan mahasiswa, warga, pemerintah, lembaga non pemerintah dan media merupakan lima pilar utama untuk mencapai pembangunan berbasis kearifan lokal Desa Pantai Bakti.

Oleh karena itu, ia yakin bahwa jika kegiatan ini mendapat dukungan eskternal, terlebih dari pemerintah dan masyarakat, visi pembangunan ini dapat lebih mudah terwu jud.

Selain itu, media juga punya peran penting dalam menye barkan pesan untuk mening katkan atensi dari pemerintah dan khalayak umum.

Sementara itu,Yafi Shafwan selaku ketua pelaksana Gertakau Vokasi UI 2023, menyatakan bahwa pada tahun ini, ia dan rekan-rekan VPO (Vice Project Officer)-nya mengangkat isu transisi energi.

Ia juga menuturkan bahwa program tersebut merupakan
bentuk komitmen dan kontri busi BEM Vokasi UI 2023 dalam mitigasi perubahan iklim.

Rangkaian lain yang berlang sung di Gertakau adalah pembersihan sampah di pinggir pantai.

Sedangkan Otong, Wakil Kepala Desa Pantai Bakti, juga menya yangkan sebagian besar warga masih sering membuang sampah di tepi pantai. Ia berharap melalui program ini, masyarakat Desa Pantai Bakti sadar untuk tidak membuang sampah di pesisir pantai dan bahu membahu menjaga kebersihannya.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan GERTAKAU Vokasi UI. Tentu saja keterlibatan pemangku kepentingan sangat diperlukan. Oleh karena itu kami ingin hubungan ini (masyarakat desa dan mahasiswa) tidak berhenti sampai di sini saja, melainkan berkelanjutan.” ujarnya.

Selain itu, Deki Surahmat selaku Kemahasiswaan Program Pendidikan Vokasi UI juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Green Welfare Indonesia karena telah mendukung GERTAKAU dan menjadi mitra pada pelaksanaannya tahun ini.

Ia berharap sinergi yang terjalin antara BEM Vokasi UI 2023 dengan Green Welfare Indonesia dalam penyeleng garaan GERTAKAU 2023 mampu membantu gerakan tersebut mewujudkan visi bersama untuk mewujudkan pembangunan di desa Pantai Bakti.(*).

News Feed

Tiga Tahun Sudah Keberadaan Majelis Taklim Balai Wartawan Kota Depok.

Jum, 26 Jul 2024 07:20:11pm

    Tiga Tahun Sudah Keberadaan Majelis Taklim Balai Wartawan Kota Depok.     Platmetah.net,Depok-Keberadaan   MT. Balwan...

Wapres Ke Sembilan Hamzah Haz Meninggal Dunia

Rab, 24 Jul 2024 11:12:52am

  Wapres Ke Sembilan Hamzah Haz Meninggal Dunia Platmerah.net, Jakarta - Wakil Presiden RI ke-9, Hamzah Haz, meninggal dunia, pada usia 84...

Henky Putrawan ‘Jemo’ Sugihwaras Panang Enim Resmi Jabat Pj. Bupati Muara Enim yang baru

Sel, 23 Jul 2024 06:02:11pm

Platmerah.Net I PALEMBANG (SUMSEL) - Penjabat Gubernur Sumatera Selatan Elen Setiadi S.H.,M.S.E atas nama Presiden Republik Indonesia resmi melantik...

Joe Biden Umumkan Mundur Dari Pencalonan Presiden AS

Sen, 22 Jul 2024 08:58:03am

Joe Biden Umumkan Mundur Dari Pencalonan Presiden AS Platmerah.net,Washinton-Presiden AS Joe Biden pada Minggu (21/7/2024) mengumumkan pengunduran...

Temui Menko Perekonomian RI, Pj.Bupati Ahmad Rizali Pastikan Proyek Tol Seksi II Prabumulih-Muara Enim Masuk PSN 2025

Ming, 21 Jul 2024 01:09:48pm

Platmerah.Net I PALEMBANG - Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Ahmad Rizali, M.A., memastikan proyek jalan tol Simpang Indralaya - Muara Enim Seksi II...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 83
  • Visit Today : 108
  • Visitors Total : 83084
  • Visit Total : 153316