Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah

Diskominfo Muara Enim Bentuk KIM di Kelurahan Pasar Tanjung Enim. Diberi Nama KIM PASTERA

Rab, 8 Jun 2022 12:31:11pm Dilihat 49 kali author aldo muara enim
2222E1C5-AC44-4943-A57A-B932992A956B

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kab. Muara Enim kembali melanjutkan pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Tahun 2022 di sepuluh Kecamatan se-Kab. Muara Enim. Adapun sebelumnya KIM yang sudah lebih dulu di bentuk di tahun 2022 ini adalah KIM Desa Muara Gula Baru Kecamatan Muara Enim, Senin (21/03), KIM Desa Gunung Megang Luar Kecamatan Gunung Megang, Selasa (22/03), lalu KIM di Desa Belimbing Jaya, Kecamatan Belimbing, Rabu (23/03), kemudian KIM di Desa Tebat Agung Kecamatan Rambang Niru, Kamis (25/03), serta pembentukan KIM di Desa Pagar Dewa Kecamatan Benakat yang diberi nama KIM Sengkuang, Jumat (26/03/2022) dan hari ini Selasa (7/06/2022) Diskominfo Muara Enim membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kecamatan Lawang Kidul tepatnya di wilayah Kelurahan Pasar Tanjung Enim yang diberi nama KIM PASTERA atau Pasar Tanjung Enim Sejahtera. 
 
Camat Lawang Kidul Andrille Martin, S.E diwakili oleh Kepala Seksi (Kasi) PMD dan Pembangunan, Ispahmi, S.K.M., M.Si saat menyampaikan sambutannya mengatakan, pihaknya sebagai pemerintah kecamatan yang membawahi desa dan kelurahan hanya memfasilitasi kegiatan ini dengan pihak kelurahan Pasar Tanjung Enim.
 
“Jadi sebelumnya kami menanggapi ada surat dari Dinas Kominfo Kab. Muara Enim tanggal 18 Mei 2022 yang lalu, dan untuk pembentukan KIM di wilayah Kecamatan Lawang Kidul ini yang di tunjuk oleh Dinas Kominfo yakni Kelurahan Pasar Tanjung Enim. Untuk itulah kami segera koordinasikan untuk menyiapkan tempat ataupun sarana dan prasarananya yang dibutuhkan (siapkan). Untuk itu kami berharap agar peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat benar-benar di manfaatkan sebaik-baiknya,”ujar Ispahmi singkat.
 
 
Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP) Dinas Kominfo Kabupaten Muara Enim Abdul Roni Darus, S.E mewakili Kadiskominfo Muara Enim, Ardian Arifanardi, A.P., M.Si saat membuka kegiatan pembentukan KIM di Kelurahan Pasar Tanjung Enim mengucapkan terima kasihnya kepada pihak Kecamatan Lawang Kidul maupun Kelurahan Pasar Tanjung Enim.
 
“Terima kasih kepada pak Lurah beserta perangkatnya yang telah memfasilitasi kegiatan kita pada pagi hari ini. Sebelumnya kami menyampaikan permohonan maaf karena pak Kadin Diskominfo tidak bisa hadir secara langsung untuk membukanya, karena kebetulan beliau ada kegiatan lainnya dikabupaten atau tepatnya lagi ada rapat di Pemda sehingga beliau memutus kami untuk mewakili dalam membuka dan membentuk kegiatan KIM ini,”ucap Abdul Roni Darus, yang akrap disapa ARD mengawali sambutannya.
 
“Sebelumnya dapat kami sampaikan juga pada kesempatan ini, bahwa sejak 11 Mei 2022 yang lalu Kabupaten Muara Enim sudah ada pimpinan yang baru yang di tunjuk oleh Gubernur Sumsel yakni bapak Herman Deru untuk menjadi Plh Bupati atau Pelaksana harian Bupati Kabupaten Muara Enim. Jadi jika sebelumnya kita dipimpin oleh pak HNU sebagai Penjabat (Pj.) Bupati, dan sejak 11 Mei 2022 kita sudah punya pimpinan baru yakni bapak Kurniawan, A.P.,M.Si, itulah sebagai informasi jadi jangan sampai tidak tahu dan juga ini menjadi tugas kami di Dinas Kominfo sebagai penyambung ataupun juru bicara bupati Muara Enim,” tambahnya.
 
Nah, kembali ke persoalan pembentukan KIM di kelurahan Pasar Tanjung Enim ini kata ARD bahwa, saat ini kita sudah memasuki era digitalisasi dimana semua informasi itu sudah melalui jaringan internet dan media sosial. Maka dari itu disini diperlukan peran aktif masyarakat untuk menyampaikan aspirasi maupun ide dan gagasan serta persoalan yang akan disampaikan kepada pemerintah dan disitulah peran Kelompok Informasi Masyarakat atau yang disingkat KIM ini untuk menyampaikan aspirasi yang masuk.
 
Dijelaskan juga ARD bahwa dalam pembentukan KIM pada tahun 2022 ini akan dibentuk sebanyak 10 kelompok di dalam kabupaten Muara Enim ini. Dan untuk di kecamatan Lawang Kidul ini adalah tempat yang ke 6 (enam) yang sudah kami bentuk. Kelompok Informasi Masyarakat ini terang ARD adalah kelompok yang di bentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif mengelola informasi dan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan nilai tambah. Definisi ini lanjut ARD berdasarkan peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI No.08/PER/M.KOMINFO/6/2010. 
 
“Jadi pembentuknq KIM ini sangat penting di desa/kelurahan, karena KIM ini adalah Humasnya baik di Desa dan Kelurahan yang nantinya bisa menjawab kebutuhan-kebutuhan informasi apapun yang dibutuhkan oleh masyarakat dan diharapkan nantinya yang menjadi kepengurusan di KIM ini adalah pemuda/i maupun bapak ibu atau juga dari kelompok pengajian dan tim penggerak PKK, gunanya untuk berkolaborasi apabila ada permasalahan yang perlu di diskusikan di KIM ini nantinya,”tutup ARD, yang juga menjabat sebagai Direktur Utama LPPL Radio Suara Muara Enim 97,4 atau RAME FM – Dinas Kominfo Kab.Muara Enim.
 
Usai pembukaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kelurahan Pasar Tanjung Enim, lalu acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dan tanya jawab oleh Sub Koordinator Pranata Humas Muda Diskominfo Muara Enim, Andrio Marino Onara yang menerangkan tentang Aktivitas Pokok KIM yang disingkat ADINDA, kemudian Kedudukan dan Sifat KIM, Hubungan Kelembagaan dan tentang Struktur Organisasi kepengurusan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Juga turut mendampingi Pranata Siar Radio Kominfo Evi Sudarti,S.E yang ikut menerangkan dari maksud dan tujuan dibentuknya KIM ini, menjawab dari pertanyaan para peserta yang hadir.
 
Turut hadir juga, Lurah Pasar Tanjung Enim Najiburrahman,S.E.,M.M, Seklur Nova Damayanti, S.E.,M.M, Ketua LPMK Kel. Pasar Tanjung Enim Yosrizal, serta Babinsa Kel. Pasar Tanjung Enim Sertu. M Lekson, dan peserta pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat yang terdiri dari Ketua RT/RW, Ibu-ibu PKK, Tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda yang ada dilingkup Kel. Pasar Tanjung Enim. (HAI) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Rakernas dan Konsolidasi HKTI tahun 2022

Sab, 2 Jul 2022 07:55:42am

Platmerah.net,Jakarta - Generasi muda hendaknya dapat berpe ran aktif di sektor pertanian, karena generasi muda merupa kan generasi melek digital...

Ketua BPO HKTI Meminta Serius Memperjuangkan Nasib Petani

Jum, 1 Jul 2022 08:05:21am

JAKARTA - Ketua Badan Pertimbangan Organisasi (BPO) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Oesman Sapta Oedang (OSO), meminta seluruh jajaran...

Oesman Sapta Odang Hadiri Pembekalan Antikorupsi di Gedung ACLC KPK

Kam, 30 Jun 2022 10:22:58am

JAKARTA - Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) mendapat giliran pembekalan antikorupsi di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi (ACLC) KPK hari ini, Kamis...

Satpol PP Depok Robohkan Lebih 33 Bangun Liar di Bantaran Kali Baru Citayam

Rab, 29 Jun 2022 02:03:11pm

Satpol PP Depok Robohkan Lebih 33 Bangun Liar di Bantaran Kali Baru Citayam Platmerah.Net,Depok-Penertiban lebih dari 33 kapal pedagang...

Dansektor 2 Citarum Harum Terus Himbau Kepada Masyarakat Untuk Jaga Alam dan Lingkungan.

Sel, 28 Jun 2022 12:48:09pm

Platmerah.net, Pacet-Kab Bandung,-Kolonel Inf Belyuni Herliansyah S.Sos selaku Dansektor 2 Citarum Harum memerintahkan kepada seluruh anggota dan...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 26
  • Visit Today : 47
  • Visitors Total : 16250
  • Visit Total : 26229
Chat Whatsapp