Siswa SMK Bukit Asam Kunjungi Workshop PT SBS, Ajak Siswa Kenal Dunia Industri

Rab, 14 Sep 2022 12:53:59pm Dilihat 751 kali author aldo muara enim
[Sassy_Social_Share]

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) – Untuk memberikan wawasan kepada para siswa tentang kegiatan produktif yang di lakukan setiap hari oleh pelaku usaha maupun perusahaan, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bukit Asam (SMK BA) Tanjung Enim yang masih berada dalam naungan Bukit Asam Foundation (BAF) menggelar kegiatan kunjungan industri, seperti yang baru saja di laksanakan siswa kelas XI di salah satu anak perusahaan PTBA di bawah PT Bukit Multi Investama (BMI) yakni PT Satria Bahana Sarana (SBS).
 
 
Kepala SMK Bukit Asam, Evi Komalasari, S.Sos di dampingi Yudi ST selaku waka Humas mengatakan, kegiatan Kunjungan Kerja Industri (KKI) merupakan agenda setiap tahun dalam rangka memberikan wawasan kepada para siswanya. Hal itu sangat perlu di lakukan sebab tujuan utama sekolah yakni menyiapkan tenaga kerja handal dan trampil di bidangnya.
 
“Kegiatan Kunjungan induatri ini kita laksanakan pada tanggal 5 sampai dengan 8 September lalu. Salah satunya ke workshop PT SBS kontraktor PT Bukit Asam Tanjung Enim, kemudian ke museum batubara,”ungkap Evi Komalasari, Senin (12/9/2022).
 
Menurutnya, kunjungan industri adalah kegiatan siswa mengunjungi sebuah perusahaan yang menjadi contoh kegiatan gambaran pekerjaan yang akan di lakukan para siswa pada saat masuk bekerja. Salah satunya menjalin mitra dengan PT SBS, disana para siswa melihat tempat workshop perbengkelan alat berat, seperti HD, dan alat berat lain penunjang produktivitas perusahaan tersebut.
 
“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yng dilaksanakan setiap tahunnya. Kegiatan dibagi menjadi 4 sesi. Hari pertama diikuti oleh siswa/i jurusan GP dan Teknik Alat Berat, Hari kedua jurusan TKR dan TBSM, Hari Ketiga Jurusan RPL dan TKJ, dan hari keeempat jurusan TITL dan TPTL,” urainya.
 
Ia menambahkan, dalam kunjungan industri siswa diajak untuk melihat bagaimana sebuah perusahaan beroperasi dan bekerja. Mereka diberikan sebuah gambaran tentang suatu pekerjaan di bidang keahlian mereka dan mereka juga diberikan gambaran tentang apa yang harus dilakukan dalam dunia kerja.
 
Lalu, Kunjungan Industri ini juga akan menunjukan tentang banyak hal yang ada dalam lapangan kerja agar murid atau siswa tidak kaget atau terbiasa menerima pekerjaan atau bekerja dengan sesuai keahlian. Kunjungan industri ini juga bertujuan untuk melatih mental siswa-siswi agar mereka bias bekerja dengan situasi dan kondisi apapun. 
 
“Jadi dengan adanya kunjungan industri siswa-siswi dapat diharapkan dengan cepat bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan perusahaan atau dunia kerja dan juga dapat menambah berbagai ilmu pengetahuan tentang dunia industri,”pungkasnya. (HAI)

News Feed

Pokmas Kelurahan Jatijajar Kerjakan Tiga Proyek Pembangunan Tahun Anggaran 2024.

Rab, 27 Mar 2024 07:31:16pm

Pokmas Kelurahan Jatijajar Kerjakan Tiga Proyek Pembangunan Tahun Anggaran 2024. Platmerah.net,Depok-Pembangunan infrastruktur Kelurahan Jatijajar...

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali Buka Musrenbang RKPD dan RPJPD 2025-2045, Tekankan Program Unggulan

Rab, 27 Mar 2024 03:52:10pm

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) - Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Dr. H Ahmad Rizali,M.A membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang)...

KPU Depok Tetapkan Nama-Nama 50 Anggota DPRD Setempat

Ming, 24 Mar 2024 10:46:48pm

  KPU Depok Tetapkan Nama-Nama 50 Anggota DPRD Setempat Platmerah.net. Tercatat 50 Orang Anggota DPRD Kota Depok yang akan menduduki kursi...

PKB Akan Usung Syaiful Huda Untuk Pilkada Gubernur Jawa Barat November Mendatang

Sab, 23 Mar 2024 02:32:23pm

PKB Akan Usung Syaiful Huda Untuk Pilkada Gubernur Jawa Barat November Mendatang PlatMerah.net, Depok- PKB Jawa Barat dengan bekal 15 Kursi di...

LSM Kapok:  Bangunan Oulet HB Diduga Melanggar Garis. Sepadan Saluran?

Rab, 20 Mar 2024 12:31:54am

LSM Kapok:  Bangunan Oulet HB Diduga Melanggar Garis. Sepadan Saluran? Platmerah.net,Depok- Meskipun  sudah   beroprasi dan melayani...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 13
  • Visit Today : 19
  • Visitors Total : 75791
  • Visit Total : 141197