Siswa SMK Bukit Asam Kunjungi Workshop PT SBS, Ajak Siswa Kenal Dunia Industri

Rab, 14 Sep 2022 12:53:59pm Dilihat 686 kali author aldo muara enim
[Sassy_Social_Share]

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) – Untuk memberikan wawasan kepada para siswa tentang kegiatan produktif yang di lakukan setiap hari oleh pelaku usaha maupun perusahaan, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bukit Asam (SMK BA) Tanjung Enim yang masih berada dalam naungan Bukit Asam Foundation (BAF) menggelar kegiatan kunjungan industri, seperti yang baru saja di laksanakan siswa kelas XI di salah satu anak perusahaan PTBA di bawah PT Bukit Multi Investama (BMI) yakni PT Satria Bahana Sarana (SBS).
 
 
Kepala SMK Bukit Asam, Evi Komalasari, S.Sos di dampingi Yudi ST selaku waka Humas mengatakan, kegiatan Kunjungan Kerja Industri (KKI) merupakan agenda setiap tahun dalam rangka memberikan wawasan kepada para siswanya. Hal itu sangat perlu di lakukan sebab tujuan utama sekolah yakni menyiapkan tenaga kerja handal dan trampil di bidangnya.
 
“Kegiatan Kunjungan induatri ini kita laksanakan pada tanggal 5 sampai dengan 8 September lalu. Salah satunya ke workshop PT SBS kontraktor PT Bukit Asam Tanjung Enim, kemudian ke museum batubara,”ungkap Evi Komalasari, Senin (12/9/2022).
 
Menurutnya, kunjungan industri adalah kegiatan siswa mengunjungi sebuah perusahaan yang menjadi contoh kegiatan gambaran pekerjaan yang akan di lakukan para siswa pada saat masuk bekerja. Salah satunya menjalin mitra dengan PT SBS, disana para siswa melihat tempat workshop perbengkelan alat berat, seperti HD, dan alat berat lain penunjang produktivitas perusahaan tersebut.
 
“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yng dilaksanakan setiap tahunnya. Kegiatan dibagi menjadi 4 sesi. Hari pertama diikuti oleh siswa/i jurusan GP dan Teknik Alat Berat, Hari kedua jurusan TKR dan TBSM, Hari Ketiga Jurusan RPL dan TKJ, dan hari keeempat jurusan TITL dan TPTL,” urainya.
 
Ia menambahkan, dalam kunjungan industri siswa diajak untuk melihat bagaimana sebuah perusahaan beroperasi dan bekerja. Mereka diberikan sebuah gambaran tentang suatu pekerjaan di bidang keahlian mereka dan mereka juga diberikan gambaran tentang apa yang harus dilakukan dalam dunia kerja.
 
Lalu, Kunjungan Industri ini juga akan menunjukan tentang banyak hal yang ada dalam lapangan kerja agar murid atau siswa tidak kaget atau terbiasa menerima pekerjaan atau bekerja dengan sesuai keahlian. Kunjungan industri ini juga bertujuan untuk melatih mental siswa-siswi agar mereka bias bekerja dengan situasi dan kondisi apapun. 
 
“Jadi dengan adanya kunjungan industri siswa-siswi dapat diharapkan dengan cepat bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan perusahaan atau dunia kerja dan juga dapat menambah berbagai ilmu pengetahuan tentang dunia industri,”pungkasnya. (HAI)

News Feed

Dengan Kurikulum Merdeka Guru Penggerak Diharapkan Dapat Mengangkat Bakat Siswa Sesuai Kemampuan

Ming, 25 Feb 2024 01:14:31am

  Dengan Kurikulum Merdeka Guru Penggerak Diharapkan Dapat Mengangkat Bakat Siswa Sesuai Kemampuan Platmerah.net,Depok :Dinas Pendidikan...

Forum Renja DPRD Kota Depok Tahun 2025,Usung Thema Optimalisasi Pelaksanaan Trifungsi DPRD Setempat

Sab, 24 Feb 2024 06:26:38pm

Forum Renja DPRD Kota Depok Tahun 2025,Usung Thema Optimalisasi Pelaksanaan Trifungsi DPRD Setempat Platmerah.net,Depok- DPRD Kota Depok...

Ketua kelompok tani Mekar Wangi abaikan panggilan Kepala dinas Pertanian Kabupaten Bandung

Jum, 23 Feb 2024 04:02:22pm

CICALENGKA  PLATMERAH NET  Ketua Kelompok tani Mekar Wangi Desa Panenjoan Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung Jawa Barat Sobur Al-Qhadarisman...

Kepala Kantor Pajak Pratama Depok Cimanggis Kunjungi Kantor PWI Kota Depok

Kam, 22 Feb 2024 08:36:24pm

 Kepala Kantor Pajak Pratama Depok Cimanggis Kunjungi Kantor PWI Kota Depok Platmerah.net,Depok-Ketua PWI Kota Depok, Rusdy Nurdiansyah menerima...

Bappeda Depok Apresiasi Kemitraan  Dengan Pers Khsusnya PWI Kota Depok

Kam, 22 Feb 2024 07:12:57pm

  Bappeda Depok Apresiasi Kemitraan  Dengan Pers Khsusnya PWI Kota Depok. Platmerah.net,Depok-Ketua PWI Kota Depok, Rusdy Nurdiansyah menjadi...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 13
  • Visit Today : 25
  • Visitors Total : 74843
  • Visit Total : 139166