Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah

Tinjau Lokasi Program Integrated Farming Wapres Kunjungi Purwakarta

Sen, 28 Mar 2022 07:24:47pm Dilihat 177 kali author lili purwakarta
20220328_171737

PURWAKARTA,- Dalam lawatannya ke Kabupaten Purwakarta, selain meninjau dan melakukan penanaman jagung dan kedelai secara simbolis. Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Maruf Amin juga berkesempatan meluncurkan aplikasi digital Lapak Abah-Ojek Desa dan Santri Digital Preneur, Senin 28 Maret 2022.

Ada sejumlah tempat dengan luas lahan sekitar 52 hektar yang menjadi lokasi penanaman jagung dan kedelai yang merupakan bagian dari Program Integrated Farming atau konsep pertanian masa depan yang berkelanjutan.

Dalam kunjungan Wapres itu, nampak hadir Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Pangdam III/Siliwangi, Kunto Arief Wibowo, Kapolda Jawa Barat Suntana, dan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika serta jajaran Forkopimda Purwakarta.

Selain itu, dalam rombongan, turut mendampingi Wapres pada kunjungan kerja ini adalah Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika dan Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Suwandi.

Ada juga, Staf Khusus Wakil Presiden Bambang Widianto, Masduki Baidlowi, dan M. Imam Azis, Tim Ahli Wapres Farhat Brachma, serta Plt. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Sekretariat Wapres M. Zulkarnain dan perwakilan dari jajaran pengurus Yayasan Dewa Dewi Indonesia.

Wapres juga menyaksikan secara langsung penyerahan bantuan sarana produksi pertanian dari Kementerian Pertanian serta hewan ternak dari Yayasan Dewa Dewi Indonesia kepada enam orang perwakilan petani Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) setempat.

Kemudian, acara dilanjutkan di lingkungan Pemkab Purwakarta, Wapres nampak meresmikan peluncuran Aplikasi Lapak Abah-Ojek Desa dan Santri Digital Preneur.

Dalam keterangannya, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, ia mengajukan kepada Wapres dan Kementerian Pertanian agar lahan tidur seluas 300 hektar milik Perhutani juga bisa dilakukan penanaman jagung dan kedelai.

“Agar, garapan petani semakin luas yang tadinya lahan tidur yang tidak produktif, jika digarap akan menghasilkan dua produk pertanian yaitu jagung dan kedelai yang sangat dibutuhkan,” kata Ambu Anne.

Ia juga mengapresiasi atas penunjukan Kabupaten Purwakarta sebagai tempat pertama atau percontohan untuk program integrated farming.

“Semangat juga bagi para petani yang hari ini difasilitasi dan hasilnya sudah diakomodir oleh pusat melalui kementerian pertanian,” demikian Ambu Anne. (lily)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Rakernas dan Konsolidasi HKTI tahun 2022

Sab, 2 Jul 2022 07:55:42am

Platmerah.net,Jakarta - Generasi muda hendaknya dapat berpe ran aktif di sektor pertanian, karena generasi muda merupa kan generasi melek digital...

Ketua BPO HKTI Meminta Serius Memperjuangkan Nasib Petani

Jum, 1 Jul 2022 08:05:21am

JAKARTA - Ketua Badan Pertimbangan Organisasi (BPO) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Oesman Sapta Oedang (OSO), meminta seluruh jajaran...

Oesman Sapta Odang Hadiri Pembekalan Antikorupsi di Gedung ACLC KPK

Kam, 30 Jun 2022 10:22:58am

JAKARTA - Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) mendapat giliran pembekalan antikorupsi di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi (ACLC) KPK hari ini, Kamis...

Satpol PP Depok Robohkan Lebih 33 Bangun Liar di Bantaran Kali Baru Citayam

Rab, 29 Jun 2022 02:03:11pm

Satpol PP Depok Robohkan Lebih 33 Bangun Liar di Bantaran Kali Baru Citayam Platmerah.Net,Depok-Penertiban lebih dari 33 kapal pedagang...

Dansektor 2 Citarum Harum Terus Himbau Kepada Masyarakat Untuk Jaga Alam dan Lingkungan.

Sel, 28 Jun 2022 12:48:09pm

Platmerah.net, Pacet-Kab Bandung,-Kolonel Inf Belyuni Herliansyah S.Sos selaku Dansektor 2 Citarum Harum memerintahkan kepada seluruh anggota dan...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 19
  • Visit Today : 36
  • Visitors Total : 16243
  • Visit Total : 26218
Chat Whatsapp