[Sassy_Social_Share]

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) – Dalam rangka upaya Pencegahan dan Penanggulangan Stunting di Kabupaten Muara Enim tahun 2023, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah, S.H., LL.M (Bham).,LL.M (Abdn).,Ph.D bersama Plt Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kab. Muara Enim Nurul Vita Utami, SE secara serentak mencanangkan Gerakan Gemar Makan Telur “Satu Hari Satu Butir“ yang di pusatkan di Gedung Sarana Olahraga Desa (SORGADESA) Desa Lambur Kecamatan Panang Enim Kabupaten Muara Enim, Jumat (11/8/2023) siang.

Turut hadir ikut mendampingi, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Muara Enim Drs.H. Emran Tabrani, M.Si, beberapa perwakilan Kepala OPD, Camat Panang Enim Meifajar Haryadi,S.Sos beserta seluruh Camat se-Kabupaten Muara Enim yang mengikuti secara daring maupun luring, Unsur Trifika Kecamatan Panang Enim, Pejabat Esselon III dan Sub Koordinator, Direktur RSUD H.M. Rabain Muara Enim, Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Muara Enim, Ketua TP PKK Desa se-Kabupaten Muara Enim, seluruh Pimpinan Puskesmas yang mengikuti secara daring dan luring, Kepala Desa se-Kecamatan Panang Enim, serta para Bidan Desa / Kader Posyandu se-Kecamatan Panang Enim, dan peserta pencanangan gerakan gemar makan telur yakni para ibu dan balita.

 
Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah saat mencanangkan Gerakan Gemar Makan Telur “Satu Hari Satu Butir“ sekaligus Posyandu Serentak disetiap Kecamatan di Kabupaten Muara Enim tahun 2023 menyampaikan, bahwa tantangan saat ini ada berbagai permasalah gizi, yaitu masih tingginya prevalensi stunting, underweight,wasting dan anemia pada ibu hamil, serta semakin meningkatnya obesitas pada orang dewasa (Riskesdas,2018). Berbagai masalah gizi tersebut akan mempengaruhi kualitas hidup generasi mendatang dan menjadi beban negara akibat besarnya ekonomi yang harus dikeluarkan sebagai dampak masalah yang ditimbulkan. 
 
Dijelaskan Kaffah, pravalensi stunting di Kabupaten Muara Enim dari data pemantauan tumbuh kembang di Posyandu tahun 2022 prevalensi sebesar 2,21% atau sebanyak 980 balita yang tersebar di 22 Kecamatan dalam kabupaten Muara Enim, sementara data SSGI atau Survey Status Gizi Indonesia tahun 2022 prevalensi stunting di kabupaten Muara Enim masih 22,82 % turun dari tahun 2021 yang pravalensinya masih 27,9%. Sementara target penurunan stunting secara nasional tahun 2024 adalah 14%.
 
Untuk itulah lanjut Plt Bupati, sebagai upaya pencegahan dan penurunan prevalensi stunting di Kabupaten Muara Enim dilakukan kegiatan pencanangan Gerakan Gemar Makan Telur “Satu Hari Satu Butir”. 
 
“Terimakasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim khususnya para masyarakat yang telah begitu antusias menyambut Gerakan Gemar Makan Telur, Satu Hari Satu Butir dalam upaya untuk mencegah stunting di Kabupaten Muara Enim,”ucap Kaffah.
 
“Untuk itu saya selaku Bupati Muara Enim, memerintahkan kepada seluruh Camat dan jajaran khususnya Lurah/Kades dan TP PKK di Kabupaten Muara Enim, untuk kembali mengaktifkan kegiatan Posyandu, memenuhi sarana dan prasarana di Posyandu dengan menggunakan Dana Deda (DD). Menggerakkan ibu balita untuk datang ke Posyandu supaya mendapat pelayanan pemantauan tumbuh kembang, imunisasi dan lain-lainnya, juga untuk menurunkan angka kematian ibu dan balita khususnya untuk mencegah terjadinya stunting atau gangguan gizi lainnnya. Dan pada akhirnya dengan mengucapkan “Bimillahirrahmanirrahim” secara resmi dicanangkan Gerakan Gemar Makan Telur “Satu Hari Satu Butir “ di Kabupaten Muara Enim,”tutup Kaffah. 
 

Sementara itu, Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan dr.Eni Zatila,MKM selaku Ketua Pelaksana kegiatan Gerakan Satu Hari Satu Butir Telur ini, yang melatarbelakangi diresmikan kegiatan Gerakan Satu Hari Satu Butir Telur (GSHSBT) yaitu masih tingginya prevalensi balita stunting di Kabupaten Muara Enim 22,8% (Data SSGI 2020), yang bertujuan untuk meningkatkan status gizi dan kesehatan balita, mencegah stunting bagi balita dan meningkatkan pengetahuan ibu balita stunting.

“Peserta Gerakan Gemar Makan Telur, Satu Hari Satu Butir terdiri dari instansi terkait stunting, peserta secara daring sebanyak 20 Kecamatan, peserta secara luring sebanyak 2 Kecamatan. Kemudian lingkup Dinas Kesehatan kabupaten Muara Enim dan Puskesmas Tanjung Agung, Kecamatan Panang Enim, serta masyarakat di Desa Lambur Kecamatan Panang Enim dan Posyandu. Untuk sumber dana kegiatan yaitu dana dari APBD Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim tahun 2023,”sebut Eni.
 
Adapun tujuan diresmikan kegiatan Gerakan Satu Hari Satu Butir Telur ini kata Eni Zatila adalah meningkatkan status gizi dan kesehatan balita, mencegah stunting bagi balita dan meningkatkan pengetahuan ibu balita stunting,”pungkasnya. (HAI) 
 

News Feed

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali Ajak KNPI Satukan Langkah Bangun Kabupaten Muara Enim

Sen, 27 Mei 2024 03:47:46pm

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) - Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali mengajak Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Muara...

UPT Rusunawa, Cilangkap, Depok Gelar Pemilihan Ketua UMKM

Sen, 27 Mei 2024 01:07:18pm

UPT Rusunawa, Cilangkap, Depok Gelar Pemilihan Ketua UMKM   Platmerah.Net,Depok-–Guna menggali potensi warga rusunawa Kelurahan Cilangkap...

Rotasi Besar-Besaran Di Kejaksaan Agung Republik Indonesia Untuk Pejabat Eselon II dan Eselon III

Sab, 25 Mei 2024 06:18:37pm

Rotasi Besar-Besaran Di Kejaksaan Agung Republik Indonesia Untuk Pejabat Eselon II dan Eselon III Platmerah.Net,Jakarta- Jaksa Agung ST Burhanuddin...

Warga Pondok Jaya, Cipayung Depok, Dukung Supian Suri Menjadi Walikota

Jum, 24 Mei 2024 06:26:19pm

Warga Pondok Jaya, Cipayung Depok, Dukung Supian Suri Menjadi Walikota Platmerah.Net,Depok- Kembali dukungan datang dari masya rakat Kota Depok...

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali Tinjau Warga Terdampak Banjir akibat Luapan Sungai Enim di Tanjung Enim

Kam, 23 Mei 2024 08:58:32pm

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) - Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap ribuan warga masyarakat dibeberapa desa dalam Kecamatan Lawang Kidul...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 15
  • Visit Today : 32
  • Visitors Total : 77753
  • Visit Total : 144371