bang win
[Sassy_Social_Share]

PLATMERAH || PEMATANG SIANTAR || Tahun ini Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar (UHKBPNP) mendapat Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat yang diketuai oleh Ady Frenly Manullang,M.Si dengan anggota Winfrontstein Naibaho ST.,MT dan Mardame Sinaga M.Si.

 Pengabdian Kepada Masyarakat ini mengusung Judul : “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembuatan Pakan Ikan Upaya Pemulihan Perekonomian Pasca Pandemi Covid-19 Dalam Mengelola Tambak Ikan Nila Serta Pemanfaatan Kincir Air Dari Solar Cell”. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Jumat 16 September 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh 10 orang warga masyarakat dan Pemerintah setempat serta bersama Mahasiswa dari Prodi Tekni Mesin, Prodi Pendidikan Fisika , dan Prodi Manajemen Pengelolaan Sumberdaya Perairan.

Pemulihan Perekonomian masyarakat Pasca Pandemi Covid-19 dan kenaikan harga bahan bakar sangat berdampak khususnya pada para pengusaha tambak ikan sehingga perlu dilakukan upaya perbaikan salah satu nya dengan melakukan pemberdayaan dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi kata Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat Ady Frenly Manullang M.Si sekaligus sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Fisika Univ. HKBP Nommensen Pematangsiantar, Jumat 16 September 2022.

Sehingga, akademisi kampus melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, guna membantu masyarakat pengusaha tambak untuk dapat tetap menjaga produktivitas tambak mereka agar tidak terjadi kerugian. Energi yang berasal dari bahan bakar fosil juga semakin sulit. Naiknya harga bahan bakar menjadi masalah yang harus dipikirkan juga khususnya dalam dunia tambak ikan.

Pembuatan Pakan Ikan Upaya Pemulihan Perekonomian Pasca Pandemi Covid-19

Dalam Mengelola Tambak Ikan Nila perlu dipikirkan agar pakan dapat diproduksi sendiri dan bahan komposisi nya berasal dari sekitar. Hal tersubut untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk proses produksi ikan tersebut. Komposisi yang dapat dilakukan untuk membuat pakan ikan tersebut adalah daun singkong dan ampas jagung. Apa kandungan yang terdapat pada komposisi itu sudah dapat mencukupi perkembangan ikan?. Merespons pertanyaan itu Mardame Sinaga M.Si mengatakan sudah cukup dan baik .

Serta Pemanfaatan Kincir Air Dari Solar Cell

Matahari merupakan salah satu energy yang sekarang ini dapat digunakan untuk menghasilkan energy listrik. Energi Listrik yang berasal dari matahari merupakan hasil konversi energy yang terjadi pada photovoltaic (Solar Sel). Pada era industri 4.0 seperti sekarang ini penggunaan Photovoltac sudah tidak asing lagi. Di tempat- tempat umum sudah banyak menggunakan nya seperti pada sarana olahraga, tempat belajar, dan bahkan pada rumah tangga. Penggunaan photovoltaic pada pengabdian kepada masyarakat kali ini yaitu untuk menggerakkan kincir air untuk membangkitkan oksigen pada tambak ikan. Oksigen pada air dapat terjadi apabila air mengalami sirkulasi dengan baik ujar Winfrontstein Naibaho ST.,MT anggota pada pengabdian masyarakat ini sekaligus Ketua Program Studi Teknik Mesin Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan di kelompok petani ikan masyarakat desa Silau Malaha Kab.Simalungun Sumatera Utara.

Harapan pengusaha tambak ini,agar kedepannya para akademisi bias lebih sering melakukan kegiatan sosialisasi seperti ini untuk memberikan informasi terkait perkembangan teknologi yang berasal dari pemikiran dosen dan mahasiswa pada kampus Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar.Salam Pro Deo Et Patria.

News Feed

Awali Safari Ramadan 1445 H, Plt Asisten III Hadiri Safari Di Desa Datar Lebar Semende Darat Ulu (SDU)

Sel, 19 Mar 2024 11:06:50am

Platmerah.NetI MUARA ENIM (SUMSEL) - Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim diwakili Plt Asisten III Bidang Administrasi dan Umum, M. Tarmizi Ismail,...

Alhamdulillah, KemenPANRB Setujui Usulan 7.920 Formasi Kebutuhan ASN Pemkab. Muara Enim Tahun 2024

Sel, 19 Mar 2024 10:27:35am

Platmerah.Net I JAKARTA - Kabar gembira datangnya dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemanPANRB) RI yang...

Kinerja Tata Kelola Energi Tak Terbarukan di Sektor Pertam bangan Batu Bara di Indonesia

Ming, 17 Mar 2024 02:02:18pm

Kinerja Tata Kelola Energi Tak Terbarukan di Sektor Pertam bangan Batu Bara di Indonesia Platmerah.net,Palangka Raya -Tata kelola energi  pertam...

Polres Soetta Gelar ‘Jumat Bersih’ di Dua Masjid, Serahkan Sembako

Sab, 16 Mar 2024 11:45:40pm

Polres Soetta Gelar 'Jumat Bersih' di Dua Masjid, Serahkan Sembako Platmerah.net,Tangerang- Kapolresta Bandara Soetta Kombes Roberto Pasaribu...

Pengawasan Pemerintah Pusat Atas Kerusakan  Lingkungan Pada Kegiatan  Tembang  Batu Bara Di Indonesia

Sab, 16 Mar 2024 04:16:07pm

Pengawasan Pemerintah Pusat Atas  Kerusakan  Lingkungan Pada Kegiatan  Tembang  Batu Bara Di Indonesia Oleh: Dr. Yossita Wisman, M.M.Pd/Sekjen...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 16
  • Visit Today : 24
  • Visitors Total : 75592
  • Visit Total : 140614