Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah
bang win

PLATMERAH || PEMATANG SIANTAR || Tahun ini Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar (UHKBPNP) mendapat Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat yang diketuai oleh Ady Frenly Manullang,M.Si dengan anggota Winfrontstein Naibaho ST.,MT dan Mardame Sinaga M.Si.

 Pengabdian Kepada Masyarakat ini mengusung Judul : “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembuatan Pakan Ikan Upaya Pemulihan Perekonomian Pasca Pandemi Covid-19 Dalam Mengelola Tambak Ikan Nila Serta Pemanfaatan Kincir Air Dari Solar Cell”. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Jumat 16 September 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh 10 orang warga masyarakat dan Pemerintah setempat serta bersama Mahasiswa dari Prodi Tekni Mesin, Prodi Pendidikan Fisika , dan Prodi Manajemen Pengelolaan Sumberdaya Perairan.

Pemulihan Perekonomian masyarakat Pasca Pandemi Covid-19 dan kenaikan harga bahan bakar sangat berdampak khususnya pada para pengusaha tambak ikan sehingga perlu dilakukan upaya perbaikan salah satu nya dengan melakukan pemberdayaan dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi kata Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat Ady Frenly Manullang M.Si sekaligus sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Fisika Univ. HKBP Nommensen Pematangsiantar, Jumat 16 September 2022.

Sehingga, akademisi kampus melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, guna membantu masyarakat pengusaha tambak untuk dapat tetap menjaga produktivitas tambak mereka agar tidak terjadi kerugian. Energi yang berasal dari bahan bakar fosil juga semakin sulit. Naiknya harga bahan bakar menjadi masalah yang harus dipikirkan juga khususnya dalam dunia tambak ikan.

Pembuatan Pakan Ikan Upaya Pemulihan Perekonomian Pasca Pandemi Covid-19

Dalam Mengelola Tambak Ikan Nila perlu dipikirkan agar pakan dapat diproduksi sendiri dan bahan komposisi nya berasal dari sekitar. Hal tersubut untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk proses produksi ikan tersebut. Komposisi yang dapat dilakukan untuk membuat pakan ikan tersebut adalah daun singkong dan ampas jagung. Apa kandungan yang terdapat pada komposisi itu sudah dapat mencukupi perkembangan ikan?. Merespons pertanyaan itu Mardame Sinaga M.Si mengatakan sudah cukup dan baik .

Serta Pemanfaatan Kincir Air Dari Solar Cell

Matahari merupakan salah satu energy yang sekarang ini dapat digunakan untuk menghasilkan energy listrik. Energi Listrik yang berasal dari matahari merupakan hasil konversi energy yang terjadi pada photovoltaic (Solar Sel). Pada era industri 4.0 seperti sekarang ini penggunaan Photovoltac sudah tidak asing lagi. Di tempat- tempat umum sudah banyak menggunakan nya seperti pada sarana olahraga, tempat belajar, dan bahkan pada rumah tangga. Penggunaan photovoltaic pada pengabdian kepada masyarakat kali ini yaitu untuk menggerakkan kincir air untuk membangkitkan oksigen pada tambak ikan. Oksigen pada air dapat terjadi apabila air mengalami sirkulasi dengan baik ujar Winfrontstein Naibaho ST.,MT anggota pada pengabdian masyarakat ini sekaligus Ketua Program Studi Teknik Mesin Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan di kelompok petani ikan masyarakat desa Silau Malaha Kab.Simalungun Sumatera Utara.

Harapan pengusaha tambak ini,agar kedepannya para akademisi bias lebih sering melakukan kegiatan sosialisasi seperti ini untuk memberikan informasi terkait perkembangan teknologi yang berasal dari pemikiran dosen dan mahasiswa pada kampus Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar.Salam Pro Deo Et Patria.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Herik Y Terpilih Secara Aklamasi Pada Muscab HIPMI Depok ..

Sel, 27 Sep 2022 07:30:16pm

Herik Y Terpilih Secara Aklamasi Pada Muscab HIPMI Depok .. Platmerah.Net,Depok-Musyawarah Cabang (Muscab) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI)...

Presiden Jokowi Peroleh  Gelar Kesultanan Buton Bau – Bau – Sultra

Sel, 27 Sep 2022 06:52:56pm

Presiden Jokowi Peroleh  Gelar Kesultanan Buton Bau - Bau - Sultra   Platmerah.net,Sultra- Dalam kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi...

Sektor 2 Citarum Harum Laksanakan Komsos Edukasi Dalam Penanganan Sampah di Wilayah Sektor 2 Citarum Harum.

Sel, 27 Sep 2022 06:27:39pm

Platmerahnews.net, Pacet-Kab Bandung,- Sampah adalah salah satu permasalahan yang cukup sulit untuk di pecahkan.karena untuk mengatasi sampah...

Tajudin Tabri Lega,Ahmad  Misbah Supir Truk Penabrak Portal Tarik Laporan Polisi.

Sen, 26 Sep 2022 08:18:26pm

Tajudin Tabri Lega,Ahmad  Misbah Supir Truk Penabrak Portal Tarik Laporan Polisi. Platmerah.net, Depok-Melalui  musyawarah yang cukup dra...

Satgas Citarum Harum Sektor 10 Subsektor 001 Melaksanakan Pembersihan Sampah dan Rumput Liar di Anak Sungai Citarum.

Sen, 26 Sep 2022 06:03:49pm

Platmerah.net, Rajamandala-KBB,- Satgas Citarum Harum Sektor 10 Sub-01 dipimpin Pelda Nandang bersama masyarakat melaksanakan kegiatan pembersihan...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 4
  • Visit Today : 6
  • Visitors Total : 26427
  • Visit Total : 43103
Chat Whatsapp