IMG-20240105-WA0082
[Sassy_Social_Share]

Tabrakan Maut KA Turangga dan Commuter Line di Cicalengka, Inilah yang Disampaikan Pihak PT KAI

Platmerah.net, Kab. Bandung – Kecelakaan maut antara kereta api cepat Turangga dengan Commuter Line lokal Bandung Raya pada hari Jum’at 5 Januari 2024 adalah potret awal tragedi lalulintas perkeretaapian Indonesia, yang mana dalam insiden tersebut mengakibatkan empat awak atau kru dari kereta api commuter Line lokal Bandung Raya meninggal dunia.

Dalam insiden tersebut korban meninggal dunia diantaranya masinis KA Commuter Line dan asisten masinis, Pramugara dan Security pengamanan Stasiun Cimekar

Data Lengkap Nama Karyawan PT.KAI yang Meninggal Dunia. :

1. Julian Dwi Setiyono, Laki-laki Usia 28 tahun
Alamat Bukit Permata E-8 No.3, RT.2/RW.22, Kelurahan Cilame, Kecamatan Ngamprah-KBB (Masinis KA Lokal Bandung Raya/Pegawai KAI)

2.Ponisam, Laki-laki Usia 47 tahun, Alamat Griya Utama Rancaekek, Jalan Cendana IV No.44, RT.9/RW.19, Kelurahan Rancaekek Wetan Kecamatan Rancaekek Kab Bandung (Masinis KA Lokal Bandung Raya/Pegawai KAI).

3. Ardiansyah, Laki-laki Usia 30 tahun, Alamat Kampung Balekambang, RT.2/RW.16, Kelurahan Sukamaju Kecamatan Majalaya Kab Bandung (Pramugara KA/Pegawai KAI).

4.Korban terakhir yang di evakuasi yang terjepit,di temukan sekitar jam 17.45 wib, Enjang Yudi, Laki-laki, Usia 40 tahun, Alamat Kampung Rancamidin, RT01/RW.11, Desa Cikuya Kecamatan Cicalengka Kab Bandung (Pengamanan/Security Stasion Cimekar) almarhum Lepas Dinas/Turun Dinas, Pegawai Pengamanan KCI

Tabrakan maut tersebut memakan korban dikarenakan dengan posisi seperti adu banteng dan diduga seakan-akan ada human eror dalam mengatur lintasan KA (Kereta Api).

Sementara Penumpang KA yang di rawat di Tiga Rumah Sakit sebanyak 36 orang, sudah pulang ke rumah masing masing 3 orang, sisanya 33 orang yang masih di rawat di Tiga rumah sakit

 

Menko PKM Muhajir Efendy dalam keterangan pers nya didampingi Kapolda Jabar dan Pangdam III Siliwangi mengatakan ” Setelah mendapatkan informasi terkait adanya insiden ini, saya didampingi Kapolda Jabar dan Pangdam III Siliwangi dan lainnya mendatangi TKP guna mengecek kondisi terkini lokasi kejadian “.

” Langkah-langkah awal adalah mengevakuasi para korban dan para penumpang yang selamat, baik yang meninggal dunia ataupun yang luka-luka untuk dibawa ke RS terdekat “.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan hingga kini tidak ada korban jiwa yang menimpa penumpang. Dari total penumpang KA Turangga sebanyak 287 orang dan KA Commuter Line sebanyak 191 penumpang, ada sekitar 22 penumpang yang luka ringan dan telah dibawa ke Rumah Sakit terdekat, untuk mendapat perawatan.

KAI sangat berduka dan menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya empat petugas KA, terdiri dari: Masinis, Asisten Masinis, Pramugara dan Security, akibat peristiwa Kecelakaan Kereta Api (KKA) antara KA Turangga relasi Surabaya Gubeng – Bandung, dan Commuterline Bandung Raya.

“Kami sangat berduka atas meninggalnya sejumlah petugas KA akibat kecelakaan tersebut. Kami sangat mengapresiasi jasa mereka yang telah berkontribusi terhadap perusahaan,” ucap EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji “.

” Lantas, para penumpang yang selamat dan telah dievakuasi, langsung dibawa ke stasiun terdekat untuk melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi yang KAI sediakan “.

” Saat ini, seluruh tim kami beserta pihak-pihak terkait seperti TNI/Polri, Basarnas, DJKA Kemenhub, KNKT, dan pihak-pihak lain sedang melakukan upaya penanganan kecelakaan kedua kereta tersebut “.

” Untuk mengatasi perjalanan sejumlah rangkaian KA lainnya yang akan melintas di jalur tersebut, KAI tengah melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain. Informasi lebih lanjut terkait kejadian ini akan kami sampaikan pada kesempatan selanjutnya “, pungkas Raden Agus Dwinanto


Sementara itu dari Basarnas Provinsi Jawa Barat H Marantika menyampaikan ” Kesulitan dalam proses evakuasi adalah medan lokasi yang berada di area pesawahan, akan tetapi kami beserta team dari KAI dan gabungan TNI-Polri tetap berupaya keras untuk melakukan evakuasi “.

” Alhamdulillah proses evakuasi berjalan dengan lancar dan selanjutnya gerbong KA yang mengalami insiden akan diderek menggunakan KA khusus dari PT KAI “.pungkasnya.(Purw/Endi BP)

News Feed

Satpol PP Depok Turunkan Spanduk Bernada Provokatif Dari Bang Udin.

Rab, 15 Mei 2024 06:53:50pm

Satpol PP Depok Turunkan Spanduk Bernada Provokatif Dari Bang Udin.   Platmetah.Net,Depok-Satpol PP Turunkan spaduk. Bernada provokatif yang...

Pertemuan Indonesia -Belanda Angkat Topik, Kerja Sama Penanganan Isu-Isu kekon suleran, visa dan fasilitas diplomatik,

Rab, 15 Mei 2024 11:57:03am

Pertemuan Indonesia -Belanda Angkat Topik, Kerja Sama Penanganan Isu-Isu kekon suleran, visa dan fasilitas diplomatik, Platmerah.net, Bandung-...

Memberatkan Masyarakat, PKB Minta Study Tour Dihapus

Sen, 13 Mei 2024 03:13:13pm

Memberatkan Masyarakat, PKB Minta Study Tour Dihapus Platmerah.net,Depok-Tragedi kecelakaan bus yang ditumpangi siswa SMK Lingga Kencana, Depok 11...

Partai Buruh Kota  Depok Meminta  Pemerintah Keluarkan Peraturan Ketat Terkait Pelaksanaan Study Tour

Sen, 13 Mei 2024 11:36:20am

Partai Buruh Kota  Depok Meminta  Pemerintah Keluarkan Peraturan Ketat Terkait Pelaksanaan Study Tour Platmerah.net,Depok- Unjuk rasa ratusan...

Depok Perlu Hubungan Koneksitas Yang Lebih Baik Lagi Dengan Pemerintahan Pusat..

Jum, 10 Mei 2024 10:26:45pm

  Depok Perlu Hubungan Koneksitas Yang Lebih Baik Lagi Dengan Pemerintahan Pusat..   Platmerah.Net,Depok- Kembali terbentuk Tim Relawan...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 4
  • Visit Today : 4
  • Visitors Total : 77319
  • Visit Total : 143587