Wali Kota Depok Ada Lima Nilai yang Harus Dipelihara – Dirawat Pasca Ramadan.

Sab, 13 Apr 2024 01:33:53am Dilihat 64 kali author Wismo
GBnZAyvrBIy05Mq9OKQYLJzh8TiFRnxCDO8Btv0o
[Sassy_Social_Share]

Wali Kota Depok Ada Lima Nilai yang Harus Dipelihara – Dirawat Pasca Ramadan.

Platmerah.net,Depok-Ribuan umat Islam Kota Depok melaksanakan Sholat Idhul Fitri 1445 Hijriah  di Mesjid Baitul Kamal  dan halaman tempat peribadatan tersebut  Rabu (10/04/2024).

Bertindak sebagai Imam dan Khotib kesempatan itu Wali Kota Depok, KH Mohammad Idris.

 

Dalam khobahnya Kiai Idris mengingatkan, kepada warga Kota Depok dan  jemaah yang mengikuti Salat Ied Idulfitri agar melestarikan nilai-nilai ibadah Ramadan.

Dikatakan, berakhirnya Rama dan, bukan berarti berakhirnya amalan ketakwaan kepada Allah Swt, tetapi justru tugas berat kita untuk membuktikan keberhasilannya dengan peningkatan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala (Swt).

Karenanya bulan sesudah Ramadan adalah Syawal yang artinya peningkatan, ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” ujar Kiai Idris.

“Di sinilah letak pentingnya melestarikan nilai-nilai Ibadah Ramadan,” sambungnya.

Menurutnya, terdapat lima nilai yang harus dipelihara dan dirawat pasca Ramadan.

Pertama, tidak mudah berbuat dosa, kita sudah terbiasa meninggalkan hal-hal yang dilarang selama Ramadan, jangankan hal-hal yang haram, hal-hal yang mubah, kita dilatih agar tetap terjaga agar tidak jatuh ke jurang kenistaan, untuk itulah setelah bulan Ramadan ini insyaAllah kita siap dan tidak mudah kembali pada perbuatan dosa,” tuturnya.

Kedua, tindak lanjut sesudah Ramadhan adalah hati-hati dalam bersikap dan bertindak.

Hati-hati dalam bersikap dan berperilaku laku adalah esensi dari makna takwa itu sendiri,” tambahnya.

“Sayidina Umar mengatakan, takwa adalah berjalan di tengah hutan, belantara dengan kewaspadaan dan dengan hati-hati,” jelasnya.

“Begitulah, kita bisa mereali sasikan pulang setelah kita melewati bulan Ramadan dengan berbagai amalan- amalan ibadah kita pada Allah SWT,” imbuhnya.

Selanjutnya, nilai Ramadan ketiga yang harus dilanjutkan setelah bulan Ramadan adalah kejujuran.

Sikap jujur ditanamkan dan, dilatih diri kita di tempa oleh Allah SWT dengan berbagai kegiatan-kegiatan Ramadan, utamanya siang selama bulan Ramadan, tidak mudah untuk menanamkan kejujuran,” ucapnya.

Nilai kejujuran tersebut yang ditanamkan Allah SWT dan sejatinya harus dirawat, dipelihara di tengah kehidupan sebagai personal pribadi dan tentunya sebagai warga negara Indonesia.

Keempat, tindak lanjut yang harus kita lakukan pasca Ramadhan adalah memiliki semangat berjamaah dalam arti kebersamaan,” katanya.

Kebersamaan yang ditanam kan selama Ramadan seperti salat taraweh bersama, buka puasa bersama, qiyamullail bersama, sahur bersama.

Kita semangat melaksanakan kegiatan-kegiatan positif secara bersama, tertanam dalam diri, bahwa kita tidak sendiri dalam melakukan kebaikan dan menghindari keburukan,” jelasnya.

Di samping itu, shaum (puasa) mengajarkan diri untuk bersikap empati, peduli dan solider terhadap sesama, rasa lapar haus memberikan pelajaran untuk memiliki solidaritas sosial kepada mereka yang menderita dan mengalami berbagai macam kesulitan.

Begitu pun kita dapat menunjukkan rasa empati dan solidaritas tersebut dengan menunaikan zakat, infaq shodaqoh, dengan kesadaran bahwa kita tidak hidup sendiri, kita adalah bagian dari mereka, mereka adalah bagian dari kita,” jelasnya.

Karena itu, kita juga peduli kepada kondisi bangsa Palestina, kita berikan perhatian kepada mereka yang belum diberi kesempatan kelayakan sandang, pangan dan papan,” lanjutnya.

Terakhir, yang ke lima, tindak lanjut pasca Ramadan adalah upaya pengendalian diri dan hawa nafsu.

Nafsu inilah yang akan menyeret, yang akan mengantarkan kita pada perbuatan-perbuatan yang tidak direstui oleh Allah Swt,” ungkapnya.

“Pengendalian ini juga memberikan sebuah makna kita dalam mendalamkan roda pemerintahan di Kota Depok, khususnya,” kata Kiai Idris.

Ketika kita melakukan perencanaan dan realisasi dari perencanaan yang kita buat, kemudian kita mengutamakan prioritas daripada sesuatu hal yang tidak kokoh, yang tidak urgen (penting) atau sesuatu yang mendesak dan yang bisa ditunda,” jelasnya.

“Semoga Allah Swt memberikan kekuatan dan petunjuk serta bimbingan kepada kita, tentunya saat bulan Ramadan dengan pelatihannya, dan keberhasilan dari pelatihan, akan dilihat oleh Allah Swt pasca pelatihan itu sendiri,” pungkasnya.(wis).

News Feed

Memberatkan Masyarakat, PKB Minta Study Tour Dihapus

Sen, 13 Mei 2024 03:13:13pm

Memberatkan Masyarakat, PKB Minta Study Tour Dihapus Platmerah.net,Depok-Tragedi kecelakaan bus yang ditumpangi siswa SMK Lingga Kencana, Depok 11...

Partai Buruh Kota  Depok Meminta  Pemerintah Keluarkan Peraturan Ketat Terkait Pelaksanaan Study Tour

Sen, 13 Mei 2024 11:36:20am

Partai Buruh Kota  Depok Meminta  Pemerintah Keluarkan Peraturan Ketat Terkait Pelaksanaan Study Tour Platmerah.net,Depok- Unjuk rasa ratusan...

Depok Perlu Hubungan Koneksitas Yang Lebih Baik Lagi Dengan Pemerintahan Pusat..

Jum, 10 Mei 2024 10:26:45pm

  Depok Perlu Hubungan Koneksitas Yang Lebih Baik Lagi Dengan Pemerintahan Pusat..   Platmerah.Net,Depok- Kembali terbentuk Tim Relawan...

Basis 24 Gelar Bakti Sosial Periksa mata dan Pembagian Kaca Mata Gratis di Cisalak Pasar Depok

Rab, 8 Mei 2024 11:13:28pm

Basis 24 Gelar Bakti Sosial Periksa mata dan Pembagian Kaca Mata Gratis di Cisalak Pasar Depok Platmerah.Net,Depok-Kembali mengalir dukungan masyara...

Deklarasi Enam Partai Lakukan Perubahan pada Pilkada Kota Depok

Rab, 8 Mei 2024 07:10:37pm

Deklarasi Enam Partai Lakukan Perubahan pada Pilkada Kota Depok Platmerah.Net,Depok- Deklarasi Enam Partai Politik di Kota Depok melakukan...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 21
  • Visit Today : 23
  • Visitors Total : 77256
  • Visit Total : 143501