Libur Panjang Lebaran Kurban, Peluang Besar Purwakarta Jaring Wisatawan

Sel, 27 Jun 2023 09:28:47am Dilihat 377 kali author lili purwakarta
1
[Sassy_Social_Share]

PURWAKARTA – Banyak peluang untuk menjaring wisatawan. Libur panjang Lebaran Kurban 2023 kali ini adalah salah satu peluang besar yang bisa dimanfaatkan. Peluang itu pula yang sedang dibidik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta.

“Semua peluang untuk menjaring wisatawan akan selalu kita manfaatkan sebesar-besarnya. Libur panjang Lebaran Kurban tahun ini juga akan kita optimalkan sebaik-baiknya. Kita terus berbenah untuk menangkap peluang itu,” kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Selasa, 27 Juni 2023.

Menurut orang nomor satu di Purwakarta tersebut, libur lebaran yang cukup panjang disertai cuti bersama, memberi waktu yang leluasa bagi masyarakat untuk bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata di Purwakarta.

“Peluang itu harus ditangkap sebaik-baiknya. Kita harus bisa menarik wisatawan untuk datang ke berbagai destinasi wisata kita. Keberhasilan menarik wisatawan bisa menggerakan roda perekonomian daerah dan masyarakat,” kata Bupati Anne.

Keseriusan Pemkab Purwakarta menjaring wisatawan saat liburan Lebaran Kurban itu sekaligus sebagai salah satu cara untuk mencapai target kunjungan wisatawan tahun 2023.

“Pada prinsipnya kita akan berusaha sekuat tenaga bisa mencapai target tersebut. Kita akan selalu membuat terobosan agar destinasi wisata di Purwakarta selalu menarik dikunjungi,” kata bupati perempuan pertama Purwakarta tersebut.

Data dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta menyebutkan, kunjungan wisatawan tahun 2023 ditargetkan mencapai 2,5 juta wisatawan. Hingga Mei 2023, jumlah wisatawan yang berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Purwakarta sudah mencapai 1.002.630 wisatawan.

Menurut Bupati Anne, persiapan untuk menjaring wisatawan selama libur lebaran dilakukan secara simultan melanjutkan keberhasilan menjaring wisatawan saat libur panjang Lebaran Idul Fitri pada April lalu.

Selama libur lebaran Idul Fitri, kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi di Purwakarta mencapai 263.253 wisatawan. Jumlah itu melampaui target yakni 200.000 wisatawan.

Selama libur Lebaran Idul Fitri, tiga destinasi wisata favorit yang paling banyak dikunjungi adalah wisata kuliner Sate Maranggi Hj. Yetty dengan jumlah mencapai 68.781 wisatawan.

Diikuti destinasi wisata Taman Batu Cijanun dengan jumlah 29.636 wisatawan dan destinasi wisata Cikao Park dengan jumlah 20.329 wisatawan. Sementara wisatawan lainnya tersebar mengunjungi berbagai destnasi wisata lainnya.

Siapkan  Pelayanan Terbaik

Kepala Bidang Pariwisata Disporaparbud Purwakarta Acep Yuli Mulya mengatakan, untuk memanfatkan libur Lebaran Kurban, sejumlah langkah untuk memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan, tengah disiapkan secara matang.

Menurut Acep, pihaknya ingin mengulang keberhasilan menjaring wisatawan saat lebaran idul Fitri pada April lalu yang mampu menarik wisatawan dalam jumlah besar.

“Kita ingin kembali bisa mengulangi kesuksesan menjaring wisatawan seperti saat lebaran Idul Fitri. Kita terus mempersiapkan semua destinasi wisata sebaik mungkin. Keberhasilan menjaring wisatawan akan meningkatkan pendapatan daerah yang muaranya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Acep.

Untuk menjaring para wisatawan, lanjut Axep, pihaknya melakukan sejumlah langkah, diantaranya meningkatkan promosi, memperbaiki berbagai fasilitas destinasi wisata, serta meningkatkan keterampilan sumber daya manusia yang bergelut di sektor pariwisata.

“Kita juga memastikan keamanan dan kenyamanan para wisatawan selama berkunjung ke Purwakarta. Kita terus berkoordinasi dengan TNI-Polri dan instansi pemerintah lainnya. Kita juga merangkul kalangan swasta untuk meningkatkan pelayanan, termasuk menyiapkan akomodasi yang baik,” kata Acep.

Saat ini, kabupaten yang sangat terkenal dengan produk Manggis dan kuliner Sate Maranggi itu, tercatat memiliki 62 destinasi wisata, 30 diantaranya merupakan wisata alam dan buatan. Sedangkan selebihnya meliputi wisata kuliner, religi dan edukasi.

“Kita ingin semua destinasi wisata itu bisa menarik wisatawan sebanyak-banyaknya. Kita terus berbenah agar libur Lebaran Kurban bisa menjadi waktu liburan terbaik bagi masyarakat, Liburan terbaik adalah mengunjungi berbagai destinasi wisata yang menarik dan indah seperti yang ada di Purwakarta,” kata Acep.

News Feed

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali Ajak KNPI Satukan Langkah Bangun Kabupaten Muara Enim

Sen, 27 Mei 2024 03:47:46pm

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) - Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali mengajak Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Muara...

UPT Rusunawa, Cilangkap, Depok Gelar Pemilihan Ketua UMKM

Sen, 27 Mei 2024 01:07:18pm

UPT Rusunawa, Cilangkap, Depok Gelar Pemilihan Ketua UMKM   Platmerah.Net,Depok-–Guna menggali potensi warga rusunawa Kelurahan Cilangkap...

Rotasi Besar-Besaran Di Kejaksaan Agung Republik Indonesia Untuk Pejabat Eselon II dan Eselon III

Sab, 25 Mei 2024 06:18:37pm

Rotasi Besar-Besaran Di Kejaksaan Agung Republik Indonesia Untuk Pejabat Eselon II dan Eselon III Platmerah.Net,Jakarta- Jaksa Agung ST Burhanuddin...

Warga Pondok Jaya, Cipayung Depok, Dukung Supian Suri Menjadi Walikota

Jum, 24 Mei 2024 06:26:19pm

Warga Pondok Jaya, Cipayung Depok, Dukung Supian Suri Menjadi Walikota Platmerah.Net,Depok- Kembali dukungan datang dari masya rakat Kota Depok...

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali Tinjau Warga Terdampak Banjir akibat Luapan Sungai Enim di Tanjung Enim

Kam, 23 Mei 2024 08:58:32pm

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) - Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap ribuan warga masyarakat dibeberapa desa dalam Kecamatan Lawang Kidul...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 14
  • Visit Today : 31
  • Visitors Total : 77752
  • Visit Total : 144370