Resmikan Masjid Syarif Abdurachman Cirebon, Wapres RI Didampingi Kasad

Jum, 25 Agu 2023 07:52:53pm Dilihat 442 kali author lili purwakarta
IMG-20230826-WA0004
[Sassy_Social_Share]

CIREBON – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Ma’ruf Amin didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman meresmikan Masjid Syarif Abdurachman yang terletak di Kompleks Pemakaman Sunan Gunung Jati, Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (25/8/2023).

Wapres dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan rasa bahagianya atas pembangunan masjid yang digagas Jenderal TNI Dudung Abdurachman ini. Wapres juga mengatakan bahwa pembangunan sarana ibadah di Indonesia, umumnya dilakukan dengan cara yang baik dan mencerminkan budaya setempat, sehingga dapat diterima berbagai kalangan.

“Mari kita makmurkan masjid ini. Saya sangat bahagia bahwa masjid ini dibangun dengan kearifan lokal, sesuai dengan budaya di Cirebon,“ puji Wapres.

Usai menyampaikan sambutannya, Wapres didampingi Kasad kemudian meresmikan Masjid Syarif Abdurachman, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian.

Sementara itu, Kasad dalam sambutannya menyampaikan bahwa dibangunnya masjid ini merupakan cita-citanya sejak lama. Terkait penamaan Masjid Syarif Abdurachman ini, namanya terinspirasi dari nama Ulama Besar Islam yang menyebarkan agama Islam di Indonesia, yaitu Syech Maulana Syarif Hidyatullah dan Syech Abdurachman.

“Ini merupakan suatu kebanggaan dan kebahagiaan bagi saya. Nama Masjid Syarif Abdurachman diambil dari nama dua ulama besar yaitu Syech Maulana Syarif Hidayatullah dan Syech Abdurachman. Jadi saya beri nama masjid ini Syarif Abdurachman. Karena saya juga keturunan Syech Maulana Syarif Hidayatullah dan juga Syech Abdurachman. Nah… Dudung Abdurachman berarti cucunya. Jadi saya gabungkan menjadi Syarif Abdurachman,“ ujar Kasad.

Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 2.8 hektar, dengan luas bangunan masjid 1.200 meter persegi, serta dapat menampung 1.700 orang jamaah. Arsitektur masjid ini mengadopsi ciri khas kesultanan Cirebon, dan peletakan batu pertama pembangunan masjid ini dilakukan oleh Kasad pada tanggal 24 Mei 2022. Masjid ini nanti akan dihibahkan kepada negara melalui Korem 063/Sunan Gunung Jati, dan akan dikelola oleh pihak Korem 063/SGJ.

Hal menarik dari pembangunan Masjid Syarif Abdurachman ini yaitu perancang arsitektur masjid sekaligus didaulat sebagai pimpinan pembangunan masjid tersebut, adalah Brigjen TNI I Nengah Wiraatmaja, yang beragama Hindu.

 

 

News Feed

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali Ajak KNPI Satukan Langkah Bangun Kabupaten Muara Enim

Sen, 27 Mei 2024 03:47:46pm

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) - Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali mengajak Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Muara...

UPT Rusunawa, Cilangkap, Depok Gelar Pemilihan Ketua UMKM

Sen, 27 Mei 2024 01:07:18pm

UPT Rusunawa, Cilangkap, Depok Gelar Pemilihan Ketua UMKM   Platmerah.Net,Depok-–Guna menggali potensi warga rusunawa Kelurahan Cilangkap...

Rotasi Besar-Besaran Di Kejaksaan Agung Republik Indonesia Untuk Pejabat Eselon II dan Eselon III

Sab, 25 Mei 2024 06:18:37pm

Rotasi Besar-Besaran Di Kejaksaan Agung Republik Indonesia Untuk Pejabat Eselon II dan Eselon III Platmerah.Net,Jakarta- Jaksa Agung ST Burhanuddin...

Warga Pondok Jaya, Cipayung Depok, Dukung Supian Suri Menjadi Walikota

Jum, 24 Mei 2024 06:26:19pm

Warga Pondok Jaya, Cipayung Depok, Dukung Supian Suri Menjadi Walikota Platmerah.Net,Depok- Kembali dukungan datang dari masya rakat Kota Depok...

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali Tinjau Warga Terdampak Banjir akibat Luapan Sungai Enim di Tanjung Enim

Kam, 23 Mei 2024 08:58:32pm

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) - Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap ribuan warga masyarakat dibeberapa desa dalam Kecamatan Lawang Kidul...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 14
  • Visit Today : 31
  • Visitors Total : 77752
  • Visit Total : 144370