KUA Kecamatan Lawang Kidul bersama CSR PTBA gelar Pelatihan dan Pembinaan bagi Muallaf

Kam, 10 Nov 2022 12:02:14am Dilihat 713 kali author aldo muara enim
[Sassy_Social_Share]

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) – Untuk meningkatkan pemahaman keagamaan dan juga peningkatan moderasi dalam beragama, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lawang Kidul bersama CSR PT Bukit Asam Tbk mengadakan Pelatihan dan Pembinaan bagi Muallaf di Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Selasa, (8/11/2022).

Pembukaan Pelatihan dan Bimbingan sendiri dilaksanakan di Balai Nikah KUA Lawang Kidul yang dibuka langsung oleh Camat Lawang Kidul yang di wakili oleh Pelaksana tugas (Plt.) Kasi Kesos kantor Camat Lawang Kidul Neny Artika Sari, S.E yang akrap disapa Tika yang juga dihadiri oleh Peserta Pelatihan, Kepala Desa Keban Agung ,Staff KUA, PAI Non PNS, Tomag dan Tomas.

Ketua pelaksana kegiatan Ustadz Endri Suburdin, S.Ag dalam laporannya menyebutkan, bahwa Pembinaan Muallaf ini dilaksanakan sebanyak 3 pertemuan yang diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Camat Lawang Kidul. Lalu selanjutnya dalam 3 kali pertemuan peserta akan dibekali materi seputar Pengetahuan dasar Agama Islam, Pengenalan Huruf Hijjaiyyah, teori dan praktek Taharah dan Sholat, Fiqih Islam dan Kerukunan umat beragama serta Moderasi beragama dengan Narasumber dari KUA Lawang Kidul, Ketua PAI Kab. Muara Enim, MUI Kec. Lawang Kidul dan PCNU Lawang Kidul, dengan sistem heart to heart melakukan pendekatan emosional untuk menggali dasar Keislaman yang dimiliki oleh peserta, kemudian melakukan penambahan wawasan yang dimiliki. 

Dalam sambutannya Plt. Kasi Kesos kantor Camat Lawang Kidul Tika menyambut Baik adanya kegiatan Pelatihan dan Bimbingan ini, sebab kata dia selama ini belum pernah ada perhatian khusus bagi kaum muallaf, dan hanya di bawah kepemimpinan Kepala KUA Kec. Lawang Kidul H. Midi, SHI lah untuk pertama kalinya melaksanakan bimbingan dan pelatihan bagi muallaf ini.

“Sebelumnya permohonan maaf dari pak Camat Lawang Kidul bapak Andrille Martin, SE yang tidak dapat hadir secara langsung karena pada hari dan jam yang sama beliau menghadiri rapat di Polres Muara Enim, dengan begitu beliau memerintahkan kepada saya untuk dapat mewakili sekaligus menghadiri,”ucap Tika.

Sementara itu, H. Midi, SHI selalu Kepala KUA Kecamatan Lawang Kidul tidak dapat hadir dalam pembukaan pelatihan tersebut karena secara bersamaan juga sedang menghadiri acara Focus Group Discussion (FGD) Revitalisasi KUA yang di gelar di hotel Serasan Muara Enim. Ketika dihubungi via telepon ia menyampaikan bahwa rencana pembukaan Pelatihan dan bimbingan Muallaf ini telah lama direncanakan dan undangan sudah tersebar bagi peserta, sedangkan beberapa hari yang lalu juga datang undangan untuk menghadiri kegiatan FGD.

“Jadi biarlah kedua kegiatan dapat berjalan bersama. Saya hadir dalam acara FGD sedangan Jalaluddin, S.Ag dan lainnya melaksanakan kegiatan pembukaan pelatihan dan bimbingan Muallaf. Selanjutnya nanti masih ada pertemuan ke 2 dan ke 3 dan In Shaa Allah saya dapat bertemu saudara kita yang Muallaf,”tutup H. Midi.

Untuk diketahui kegiatan Pelatihan dan bimbingan Muallaf ini terlaksana berkat kerja sama antara Kantor Urusan Agama Kec.Lawang Kidul dan pihak CSR. PT. Bukit Asam Tbk. Dalam kegiatan ini peserta sebanyak 20 orang muallaf dengan jadwal pelatihan dan bimbingan dari tanggal 8, 15 dan 22 Nopember 2022. Diakhir kegiatan nantinya peserta akan mendapatkan sertifikat Pelatihan, Makan dan Snack, uang transport, buku tuntunan shalat, dan Kitab Suci Al-Qur’an. (HAI)

News Feed

Halal Bil Halal Forkabi Kota Depok Pererat Silahturami

Kam, 18 Apr 2024 02:27:50pm

Halal Bil Halal Forkabi Kota Depok Pererat Silahturami Platmerah dot net ,Lebih dari seribu orang dari berbagai anggota organisasi...

Pelayan Masyarakat Hari Pertama Paska Liburan Panjang Romadhon 1445 H Di Kelurahan Tanah Baru, Berjalan Normal

Sel, 16 Apr 2024 11:18:20am

  Pelayan Masyarakat Hari Pertama Paska Liburan Panjang Romadhon 1445 H Di Kelurahan Tanah Baru, Berjalan Normal   Platmerah.net,...

Wali Kota Depok Ada Lima Nilai yang Harus Dipelihara – Dirawat Pasca Ramadan.

Sab, 13 Apr 2024 01:33:53am

Wali Kota Depok Ada Lima Nilai yang Harus Dipelihara - Dirawat Pasca Ramadan. Platmerah.net,Depok-Ribuan umat Islam Kota Depok melaksanakan Sholat...

Membludak Arus Mudik Menggunakan Pesawat Terbang Lebaran 1445 Hijriah

Sen, 8 Apr 2024 09:51:38am

Membludak Arus Mudik Menggunakan Pesawat Terbang Lebaran 1445 Hijriah Platmerah.net, Tangerang- Ratusan ribu orang mudik menggunakan pesawat...

Polresta Bandara Soekarno -Hatta mendirikan Pos Ramah Ibu dan Anak Ramadhan Presisi 2024,Selama Arus Mudik Dan Balik

Sen, 8 Apr 2024 09:21:55am

Polresta Bandara Soekarno -Hatta mendirikan Pos Ramah Ibu dan Anak Ramadhan Presisi 2024,Selama Arus Mudik Dan Balik Platmerah.net– Tangerang-...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 19
  • Visit Today : 24
  • Visitors Total : 76330
  • Visit Total : 142058