KUA Kecamatan Lawang Kidul bersama CSR PTBA gelar Pelatihan dan Pembinaan bagi Muallaf

Kam, 10 Nov 2022 12:02:14am Dilihat 680 kali author aldo muara enim
[Sassy_Social_Share]

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) – Untuk meningkatkan pemahaman keagamaan dan juga peningkatan moderasi dalam beragama, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lawang Kidul bersama CSR PT Bukit Asam Tbk mengadakan Pelatihan dan Pembinaan bagi Muallaf di Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Selasa, (8/11/2022).

Pembukaan Pelatihan dan Bimbingan sendiri dilaksanakan di Balai Nikah KUA Lawang Kidul yang dibuka langsung oleh Camat Lawang Kidul yang di wakili oleh Pelaksana tugas (Plt.) Kasi Kesos kantor Camat Lawang Kidul Neny Artika Sari, S.E yang akrap disapa Tika yang juga dihadiri oleh Peserta Pelatihan, Kepala Desa Keban Agung ,Staff KUA, PAI Non PNS, Tomag dan Tomas.

Ketua pelaksana kegiatan Ustadz Endri Suburdin, S.Ag dalam laporannya menyebutkan, bahwa Pembinaan Muallaf ini dilaksanakan sebanyak 3 pertemuan yang diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Camat Lawang Kidul. Lalu selanjutnya dalam 3 kali pertemuan peserta akan dibekali materi seputar Pengetahuan dasar Agama Islam, Pengenalan Huruf Hijjaiyyah, teori dan praktek Taharah dan Sholat, Fiqih Islam dan Kerukunan umat beragama serta Moderasi beragama dengan Narasumber dari KUA Lawang Kidul, Ketua PAI Kab. Muara Enim, MUI Kec. Lawang Kidul dan PCNU Lawang Kidul, dengan sistem heart to heart melakukan pendekatan emosional untuk menggali dasar Keislaman yang dimiliki oleh peserta, kemudian melakukan penambahan wawasan yang dimiliki. 

Dalam sambutannya Plt. Kasi Kesos kantor Camat Lawang Kidul Tika menyambut Baik adanya kegiatan Pelatihan dan Bimbingan ini, sebab kata dia selama ini belum pernah ada perhatian khusus bagi kaum muallaf, dan hanya di bawah kepemimpinan Kepala KUA Kec. Lawang Kidul H. Midi, SHI lah untuk pertama kalinya melaksanakan bimbingan dan pelatihan bagi muallaf ini.

“Sebelumnya permohonan maaf dari pak Camat Lawang Kidul bapak Andrille Martin, SE yang tidak dapat hadir secara langsung karena pada hari dan jam yang sama beliau menghadiri rapat di Polres Muara Enim, dengan begitu beliau memerintahkan kepada saya untuk dapat mewakili sekaligus menghadiri,”ucap Tika.

Sementara itu, H. Midi, SHI selalu Kepala KUA Kecamatan Lawang Kidul tidak dapat hadir dalam pembukaan pelatihan tersebut karena secara bersamaan juga sedang menghadiri acara Focus Group Discussion (FGD) Revitalisasi KUA yang di gelar di hotel Serasan Muara Enim. Ketika dihubungi via telepon ia menyampaikan bahwa rencana pembukaan Pelatihan dan bimbingan Muallaf ini telah lama direncanakan dan undangan sudah tersebar bagi peserta, sedangkan beberapa hari yang lalu juga datang undangan untuk menghadiri kegiatan FGD.

“Jadi biarlah kedua kegiatan dapat berjalan bersama. Saya hadir dalam acara FGD sedangan Jalaluddin, S.Ag dan lainnya melaksanakan kegiatan pembukaan pelatihan dan bimbingan Muallaf. Selanjutnya nanti masih ada pertemuan ke 2 dan ke 3 dan In Shaa Allah saya dapat bertemu saudara kita yang Muallaf,”tutup H. Midi.

Untuk diketahui kegiatan Pelatihan dan bimbingan Muallaf ini terlaksana berkat kerja sama antara Kantor Urusan Agama Kec.Lawang Kidul dan pihak CSR. PT. Bukit Asam Tbk. Dalam kegiatan ini peserta sebanyak 20 orang muallaf dengan jadwal pelatihan dan bimbingan dari tanggal 8, 15 dan 22 Nopember 2022. Diakhir kegiatan nantinya peserta akan mendapatkan sertifikat Pelatihan, Makan dan Snack, uang transport, buku tuntunan shalat, dan Kitab Suci Al-Qur’an. (HAI)

News Feed

Jokowi Resmi Lantik AHY Jadi Menteri ATR/BPN

Rab, 21 Feb 2024 12:40:25pm

Jokowi Resmi Lantik AHY Jadi Menteri ATR/BPN Platmerah.net,Jakarta-Presiden Joko widodo melantik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri...

Perhatian Kepada Warganya Haji Iman Yuniawan Kembali Jadi Anggota Dewan

Ming, 18 Feb 2024 11:16:14am

Perhatian Kepada Warganya Haji Iman Yuniawan Kembali Jadi Anggota Dewan Platmerah.net, Depok – Pen datang baru Partai Demokrat Depok, Mantan...

D’ikazu  Coffe& Resto Hadir Di  Depok Dengan Konsep Rooftop

Sab, 17 Feb 2024 04:17:58pm

D'ikazu  Coffe& Resto Hadir Di  Depok Dengan Konsep Rooftop Platmerah.net,Depok-  Telah hadir memenuhi selera anak muda Kota Depok sebuah...

Kadiskominfo Depok,Meminta Pers Dapat Menjaga Keutuhan Bangsa Di Tengah Situasi Politik Yang Dinamis.

Kam, 15 Feb 2024 07:43:37pm

Kadiskominfo Depok,Meminta Pers Dapat Menjaga Keutuhan Bangsa Di Tengah Situasi Politik Yang Dinamis. Platmerah.net,Depok- Mengawal Transisi...

Bapilu Partai Golkar Depok Bantah Politik Uang

Sel, 13 Feb 2024 08:07:20pm

Bapilu Partai Golkar Depok Bantah Politik Uang   Platmerah.net,Depok-Menanggapi berita miring terkait dengan tudingan politik uang yang...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 42
  • Visit Today : 51
  • Visitors Total : 74647
  • Visit Total : 138882