Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah

Membangun Toleransi dan Moderasi Beragama di Kota Depok

Sen, 20 Jun 2022 01:14:34pm Dilihat 243 kali author Wismo
IMG-20220620-WA0058

Platmerah.Net,Depok– Diawali dengan pertemuan MUI Pusat,MUI Depok ssrta Forum Kwrukunan Umat Beragama FKUB Depok untuk mengkaji dan bembahas terkait sebutan Kota Depok intoleran yang sslalu didengungkan Lembaga Riset Sstara.

Sebutan Kota Depok intoleran membuat gerah warga masya rakat termasuk FKUB setempat.


Terkait hal tersebut .MUI Pusat pun meurunkan timnya untuk mendapatkan masukan lang sung tentang Kerukunan dan beragama di Depok

Topik bahasan pun megambil thema Membangun Toleransi dan .Moderasi Beragama di Kota Depok.

Hasil bahasan ini nantinya me jadi masukan MUI Pusat untuk mengkji secara iilmiah terkait sebutan Depok Kota paling in toleran di Indonesia.

Ketua FKUB Depok.Habib mukhsin Ahmad Alatas sempat bertanya otoritas lembaga tersebut yang memberikan rapot buruk ” Kota paling intolerensi “bagi Kota Depok ?

Ia menduga ada kepentingan terselubung dibalik survey mempunyai yang dampak luas dan dapat menjadi sumber konflik dimasyarakat nantinya.

“Kami tinggal di Kota Depok rukun rukun saja dengan umat beragma lainnya seperti Umat Katbolik ktisten,Hindu,Budha dan Konghuhue serta umatainnya…” tegasnya.

“Istitusi Setara..untuk kesekian kalinga memvonis Depok sebagai kota palibg Intoleransi ini patut dipertanyakan..” tambahnya.

Sementara itu Ketua Fkub habib muhsin ahmad Al Alatas dalam paparanya juga memertanyakan hasil penelitian Depok Kota paling intoleransi,

Habib kuatir jasil survey yang tidak jelas varible para meternya menjadi acuan dari instigusi swpedri BNPT dan Kepolisian dan institusi lainnya.

“Ia menyebutkan hasil survey yang tidak jelas ini bisa jadi sumber konplik dimsyarakat nantinya.” tegas Habib.

Majelis Ulama Indonesia MUI nantinya akan melaksanakan penelitian untuk mengcounter akan penelitian ini sekaligus
menjawab hasil survey Depok Kota Paling intoleran di Indone sia secara ilmiah,ujarnya.


Kita semunya hidup dengan nilai nilai kemanusian yang univer sal .begitu juga dengn masalah Theologi kita jalani dengan saling menghormati.

“Jadi masalah agama sudah selesai yang berbahaya saat ini adalah provokasi orang orang tidak suka dan para buzers yang mengadu domba antar umat beragama agar kita menjadi tidak rukun.” tegasnya.

Sementara wakil dari Kemenag Hasan Basri dalam paparannya menyebutkan, dalam membangunn kerukunan kementrian agama Kemenag juga memberikan tempat sama dengan adanya urusan agama Katholik,Kristen,Hindu Budha dan Konghucue, paparnya

Depok dengan berbagai kuktur budaya sudah sepantasnya menggelar kegiataan sepeeri ini minimal tiga bulan sekali.

“Dengan pertemuan tersebut Koorsinasi FKUB , nantiya dapat menemukan permasalahan dan solusi terkait dengan sebutan Kota Paling In Toleransi.”. Tutur Hasan Basri.

Sehingga nantinya dapat . mewujudkan Depok sebagai kota moderasi beragama
dengan kerukunan keaneka agaman beragama dan kita dapat melahirkan benih toleransi dalam bergama di Kota Depok.

Sedankan perwakilan dari
Kesbangpol Dewi Indriani mengatakan, pihaknya selama ini menfasilitasi dari berbagai organisasi kasyarakatan, dan Fkub dan potensi mayarakt lainnya.

Diskusi FKUB Depok yang digelar hari Senin (19/06/2022) di Rm Simpng Raya Mrgobda Raya diikuti sekitar lima puluh perwakilan Umat Islam Katholik,Kristen,Hindu,Budha dan Konghucue serta ormas keamgaan lainnya.(wismo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Karang Taruna TP-PKK, dan Masya karat Kelurahan Cipayung,Depok  Peduli Cianjur

Sab, 3 Des 2022 07:49:16am

Karang Taruna TP-PKK, dan Masyakarat Kelurahan Cipayung,Depok  Peduli Cianjur Platmerah.net,Depok-Pemuda hari ini adalah pemimpin masa yang akan...

Lanud Husein Sastranegara Kembali

Jum, 2 Des 2022 08:41:51pm

  Platmerah.net, Cianjur,- Lanud Husein Sastranegara kembali mengirimkan bantuan logistik korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa...

Prajurit TNI AU Gelar Doa Bersama Dengan Warga Korban Gempa Cianjur.

Jum, 2 Des 2022 08:39:35pm

  Platmerah.net, Cianjur,- Personel Lanud Husein Sastranegara, Wing 1 Kopasgat dan personel RSAU dr. M Salamun, yang tergabung dalam Tim Satuan...

Sektor 2 Citarum Harum Laksanakan Penghijauan Lahan Kritis, Pembersihan

Jum, 2 Des 2022 08:36:54pm

Platmerah.net, Pacet, Kab Bandung,- Sungai terpanjang di tatar Pasundan adalah Sungai Citarum, merupakan sungai yang terbentang 297 kilo meter yang...

La Songo : Kehadiran Kementrian PUPR Bukti Perjuangan Ketua Komisi V, Ir Ridwan Bae

Jum, 2 Des 2022 01:38:42pm

Kendari || PLATMERAH.NET || Ketua Dewan Pengurus Daerah Persatuan Pewarta Warga Indonesia (DPD PPWI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) La Songo...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 46
  • Visit Today : 55
  • Visitors Total : 32139
  • Visit Total : 55980
Chat Whatsapp