Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah

Tia Widyastuti, Guru SMA Bukit Asam Yang Lolos Seleksi Calon Guru Penggerak

Rab, 18 Mei 2022 08:49:58am Dilihat 103 kali author aldo muara enim
BC5E2500-C2BE-4737-B821-74C1EF9D41A8

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL)  –  Tak ada yang tak mungkin selagi ada niat dan usaha untuk menggapai sesuatu yang di inginkan. Seperti yang dilakukan seorang guru SMA Bukit Asam lolos seleksi Calon Guru Penggerak (CGP) program Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi angkatan ke 3 tahun 2022. Dia adalah Tia Widyastuti SPd, dimana keseharian mengajar mata pelajaran Matematika di sekolah naungan Bukit Asam Foundation (BAF) Tanjung Enim.
 
Saat di jumpai pada acara Lokakarya ke 7 Calon Guru Penggerak Kabupaten Muara Enim yang berlangsung di Ballroom Hotel Grand Zury Muara Enim, Sabtu (15/5/2022),Tia Widyastuti SPd menuturkan, tahun ini ada 39 guru lolos mengikuti seleksi pendidikan Calon Guru Penggerak selama 9 bulan.
 
“Awalnya informasi adanya Program Guru Penggerak ini dari Aplikasi SIM PKB kementrian pendidikan, gunanya untuk pengembangan diri. Lalu saya mendaftarkan diri pada tahun 2020, ikut seleksi lolos dan mengikuti sekolah CGP selama 9 bulan,”kata Tia, yang sudah menjadi tenaga pengajar selama 7 tahun kepada media ini.
 
Ia memiliki motivasi tinggi menjadi salah satu guru yang terlibat dalam transformasi pendidikan di Indonesia. Adapun mendapat yang bisa di dapatkan melalui program ini ialah mengembangkan diri dan guru lain dengan refleksi, berbagi dan kolaborasi secara mandiri. Memiliki kematangan moral, emosi dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik.
 
Kemudian, merencanakan, menjalankan, merefleksikan dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada murid dengan melibatkan orang tua. Lalu bisa  berkolaborasi dengan orang tua dan komunitas untuk mengembangkan sekolah dan menumbuhkan kepemimpinan murid. Mengembangkan dan memimpin upaya mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dan relevan dengan kebutuhan komunitas di sekitar sekolah.
 
“Pendidikan 6 bulan pertama di mulai dari secara daring, setiap bulan diakhiri dengan kegiatan lokakarya, merancang ide dan gagasan, evaluasi pembelajaran. Dan hari ini lokakarya ke 7 dengan panen hasil dari aksi nyata yang sudah kita lakukan di sekolah selama 7 bulan terakhir ini,”ungkap Tia.
 
Ia menyampaikan salah satu inovasinya dalam mengajar di kelas dengan menciptakan suasana belajar yang kondusif, serta efektif dalam penyerapan materi oleh murid di kelas. 
 
“Saya memulai dengan budaya positif, menyusun kesepakatan di kelas, misal sebelum belajar siswa membuat perjanjian aturan sendiri selama saya menyampaikan materi pelajaran. Nah, dari situ hasilnya sangat positif, tidak ada siswa yang membangkang, ataupun membuat suasana belajar tidak kondusif, dan inovasi lainnya,”tutup Tia. (HAI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

60 Atlit Depok Perkuat Kontingen Jawa Barat pada FORNAS ke VI di Palembang

Sen, 27 Jun 2022 04:36:32pm

Ketua KORMI Kota Depok M Kholik 60 Atlit Depok Perkuat Kontingen Jawa Barat pada FORNAS ke VI di...

PPP Kota Depok Dukung Anies Basweldan dan Qofifah Jadi Calon Presiden RI

Sen, 27 Jun 2022 11:26:55am

PPP Kota Depok Dukung Anies Basweldan dan Qofifah Jadi Calon Presiden RI PLATMERAH.NET,DEPOK-Dukungan terhadap Anies Basweldan terus mengalir...

Polres Ciamis Sosialisasi Dan Edukasi Prokes Dalam Rangka Ops Patuh Lodaya 2022.

Sen, 27 Jun 2022 07:37:24am

Platmerah.net, Ciamis,- Personel Polres Ciamis Polda Jabar melaksanakan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan dalam rangka Operasi Patuh...

Mabes Polri Gandeng SEPMI Gelontorkan Bantuan ke Warga Terdampak

Sen, 27 Jun 2022 05:05:26am

Mabes Polri Gandeng SEPMI Gelontorkan Bantuan ke Warga Terdampak Platmerah.net,Bogor- Kabupaten Bogor berduka karena Bencana alam menerpa,...

Sukseskan Ketahanan Pangan, Polri Bersama TNI Sambangi Petani Sayuran.

Ming, 26 Jun 2022 01:08:20pm

Platmerah.net, Majalengka,-Bhabinkamtibmas Polsek Argapura Polres Majalengka Polda Jabar bersama Babinsa Koramil Argapura Kodim 0617/Majalengka...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 0
  • Visit Today : 0
  • Visitors Total : 16062
  • Visit Total : 25890
Chat Whatsapp