Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah

Tak Ada PCR yang Sempurna Kata Menkes Kala Hasil Tes Beda

Sen, 7 Feb 2022 07:17:04am Dilihat 314 kali author Platmerah
menkes-budi-gunadi-sadikin-1_169

Menkes Budi Gunadi Sadikin buka suara mengenai hasil tes PCR Corona yang berbeda-beda. Budi mengatakan tak ada tes PCR yang sempurna.

“Tidak ada tes PCR yang 100% sempurna, karena baik dari sensitivitas, maupun spesifikasitasnya antara 95 sampai 97%,” kata Menkes Budi menjawab pertanyaan soal tes PCR berbeda-beda saat jumpa pers virtual, Senin (7/2/2022).

Budi lalu mengatakan bahwa Kemenkes telah mengizinkan bagi pelaku perjalanan luar negeri yang melakukan tes pembanding. Akan tetapi, biaya ditanggung sendiri.

“Oleh karena itu, untuk kedatangan dari luar negeri yang sering ramai, Kementerian Kesehatan sudah mengizinkan kalau misalnya ada dites positif boleh melakukan pembanding, bayar sendiri, sekaligus dua, di lab berbeda dan diakreditasi oleh Kementerian Kesehatan,” ujar Budi.

Dari tes pembanding akan terlihat perbandingan hasil tes PCR apakah lebih unggul positif atau negatif. Budi kembali menegaskan bahwa tes PCR Corona tak seluruhnya sempurna.

“Sehingga kalau keluar dua hasilnya, langsung bisa kita lihat, nanti hasilnya ada tiga, kalau 2-1 bilang negatif, ya itu otomatis negatif, kalau 2 dari 3 itu bilang positif, ya dia itu positif,” ucap Menkes Budi.

“Tidak ada di mana pun di dunia, 100% PCR itu tepat, selalu ada selisihnya. Tapi diberi kesempatan kalau dia datang ragu, dia bisa tes pembanding,” imbuhnya.

menkes menkes budi gunadi sadikin budi gunadi sadikin tes pcr tes pcr pembanding covid-19 round-up

Satgas COVID-19 sebelumnya telah membahas mengenai tes pembanding bagi pelaku perjalanan luar negeri ini. Hal itu disampaikan oleh Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Suharyanto.

Dia awalnya menyampaikan hasil evaluasi pelaksanaan karantina di Indonesia. Suharyanto menyebut, saat awal pelaksanaan karantina, sempat terjadi penumpukan orang di Bandara Soekarno-Hatta. Selain itu, fasilitas yang tersedia juga masih kurang sempurna.

“Tapi dengan kerja keras Satgas, dibantu dengan unsur TNI dan POLRI di DKI Jaya, alhamdulillah bisa terurai dan semakin baik,” katanya dalam konferensi pers, Kamis (3/2) lalu.

Suharyanto juga menyinggung mengenai sejumlah laporan dugaan adanya mafia karantina. Penyelidikan pun, katanya telah dilakukan terkait laporan ini.

“Ada juga keluhan-keluhan pelaksanaan karantina bagi orang asing di hotel. Kami segera melaksanakan evaluasi, melaksanakan pengumpulan keterangan dan kami peroleh jawaban,” ujarnya.

“Beberapa warga negara asing yang selesai karantina, data menunjukkan bahwa orang yang dikarantina itu pada saat masuk mungkin entry test-nya negatif. Begitu dikarantina hari ke-5, exit test-nya positif. Memang begitu, itulah gunanya karantina,” sambungnya.

WNA yang tidak puas dengan hasil tes itu meminta tes pembanding. Pada saat itu, tes pembanding ini memiliki ketentuan tersendiri.

“Bisa dilaksanakan tes pembanding sesuai surat edaran satgas itu semula hanya di RSPAD, RS POLRI, dan RSCM. Karena tidak bisa, mereka menganggap bahwa petugas di lapangan yaitu petugas hotel, mungkin aparat TNI/POLRI yang berjaga di hotel-hotel itu menganggap itu permainan. Jadi dianggap itu positif palsu,” katanya.

Suharyanto menyampaikan saat ini pelaku perjalanan luar negeri dapat melakukan tes COVID-19 pembanding di lokasi yang tak terbatas pada 3 rumah sakit itu.

“Jadi ditentukan beberapa rumah sakit dan laboratorium yang menurut Kementerian Kesehatan sudah kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Tak hanya berlaku untuk tes setelah karantina, pelaku perjalanan yang tidak puas dengan hasil entry test di bandara juga dapat melakukan tes pembanding.

sumbr : https://news.detik.com/berita/d-5932425/tak-ada-pcr-yang-sempurna-kata-menkes-kala-hasil-tes-beda/2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Herik Y Terpilih Secara Aklamasi Pada Muscab HIPMI Depok ..

Sel, 27 Sep 2022 07:30:16pm

Herik Y Terpilih Secara Aklamasi Pada Muscab HIPMI Depok .. Platmerah.Net,Depok-Musyawarah Cabang (Muscab) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI)...

Presiden Jokowi Peroleh  Gelar Kesultanan Buton Bau – Bau – Sultra

Sel, 27 Sep 2022 06:52:56pm

Presiden Jokowi Peroleh  Gelar Kesultanan Buton Bau - Bau - Sultra   Platmerah.net,Sultra- Dalam kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi...

Sektor 2 Citarum Harum Laksanakan Komsos Edukasi Dalam Penanganan Sampah di Wilayah Sektor 2 Citarum Harum.

Sel, 27 Sep 2022 06:27:39pm

Platmerahnews.net, Pacet-Kab Bandung,- Sampah adalah salah satu permasalahan yang cukup sulit untuk di pecahkan.karena untuk mengatasi sampah...

Tajudin Tabri Lega,Ahmad  Misbah Supir Truk Penabrak Portal Tarik Laporan Polisi.

Sen, 26 Sep 2022 08:18:26pm

Tajudin Tabri Lega,Ahmad  Misbah Supir Truk Penabrak Portal Tarik Laporan Polisi. Platmerah.net, Depok-Melalui  musyawarah yang cukup dra...

Satgas Citarum Harum Sektor 10 Subsektor 001 Melaksanakan Pembersihan Sampah dan Rumput Liar di Anak Sungai Citarum.

Sen, 26 Sep 2022 06:03:49pm

Platmerah.net, Rajamandala-KBB,- Satgas Citarum Harum Sektor 10 Sub-01 dipimpin Pelda Nandang bersama masyarakat melaksanakan kegiatan pembersihan...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 34
  • Visit Today : 66
  • Visitors Total : 26420
  • Visit Total : 43088
Chat Whatsapp