Universitas HKBP Nommensen Medan Bersama Komnas Disabilitas RI Siap Wujudkan Kampus Inklusi

Kam, 16 Jun 2022 09:52:06am Dilihat 794 kali author Rintos Sastro Sinambela
IMG-20220616-WA0055
[Sassy_Social_Share]

PLATMERAH || MEDAN || Universitas HKBP Nommensen Medan selalu menghormati keberagaman yang ada dalam lingkungan Civitas Akademikanya.

Hal itu semakin terlihatsari komitmen menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak, baik dengan Pemerintah, Swasta maupun Dunia Usaha dan Dunia Industri.

Baru- baru ini, UHN Medan dengan Komisi Nasional Disabilitas menandatangani Momerandum of Understanding (MoU).

Selain UHN Medan, diikuti juga oleh 4 Universitas lainnya, yakni Universitas Sumatera Utara, Universitas Katolik Santo Thomas, Universitas Nahdlatul Ulama Sumut dan Institut Kesehatan Sumut dengan Komnas Disabilitas, pada Selasa (14/06/2022) di Auditorium FK LT.6 Gedung Murni Sadar Universitas HKBP Nommensen Medan.

Acara diawali dengan sambutan dari Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan dalam hal ini diwakilkan oleh Kabiro Humas dan Kerja sama Dr. Mian Siahaan, M.M.

“Kami dari UHN Medan menyambut baik kegiatan ini. Tentunya program ini sejalan dengan adanya program Kampus Merdeka. Melalui penandatanganan MoU ini kita menyepakati melakukan kerja sama serta peran kami Perguruan Tinggi dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan turut serta membantu Komnas Disabilitas dalam pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas di Sumatera Utara ini,” ucapnya.

Hadir sebagai Narasumber dalam Sosialisasi Komnas Disabilitas, Ketua Komisi Nasional Disabilitas Ibu Dante Rigmalia dan Anggota Komisioner Rachmita Maun Harahap dan Jonna Aman Damanik sebagai moderator.

“Kami sangat berharap kampus-kampus di Kota Medan dapat membuat suatu Unit Layanan Disabilitas dengan peran diantaranya memberikan akses Pendidikan tinggi untuk semua mahasiswa penyandang disabilitas, membangun ekosistem riset inklusi disabilitas, membangun kesadaran sosial inklusi disabilitas di kampus, mewujudkan masa depan masyarakat disabilitas yang lebih adil, setara dan mampu berpartisipasi aktif dalam pembangunan,” jelas Dante.

Hal senada juga disampaikan oleh Rachmita Harahap,dimana strategi inklusif harus berfokus pada interaksi antara mahasiswa dan lingkungannya. Lebih lanjut, Rachmita juga memberikan edukasi berupa presentasi singkat bertajuk Pengantar Aksesibilitas Fisik dan Non Fisik di Sektor Pendidikan.

“Kampus yang inklusif adalah kampus yang memastikan setiap mahasiswa dapat berpartisipasi aktif di kampus tanpa diskriminasi,” tutup perempuan pejuang Hak Tuna Runggu di Indonesia.(PM/Nella/Rintos)

News Feed

Muara Enim Matangkan Pemberangkatan 395 orang JCH Tahun 2024

Rab, 24 Apr 2024 05:43:53pm

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) - Guna mematangkan keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Muara Enim yang diagendakan keberangkatannya...

257 Peserta Didik Kelas XII dan XIII GP SMK Bukit Asam Tahun Ajaran 2023/2024 di Serahkan

Rab, 24 Apr 2024 04:48:43pm

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) -  Sebanyak 257 peserta didik Kelas XII dan XIII Geologi Pertambangan (GP) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)...

OSO Intruksikan Untuk Buka Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah

Rab, 24 Apr 2024 04:26:20am

Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Oesman Sapta Odang Dan jajaran Pengurus Pusat Hanura   Platmerah.net,Jakarta-Ketua Umum Partai...

Halal bi Halal DPC PKB Sékaligus Konsolidasi Penjaringan Bakal Calon Wali-Wakil Walikota Depok

Sel, 23 Apr 2024 09:38:28am

Halal bi Halal DPC PKB Sékaligus Konsolidasi Penjaringan Bakal Calon Wali-Wakil Walikota Depok Platmetah.net,Depok- Partai Kebangkitan Bangsa...

Ketua MK Suhartoyo Menolak Permohonan  Ganjar-Mahfud, Menolak Eksepsi Termohon dan Pihak Terkait

Sen, 22 Apr 2024 07:05:12pm

Ketua MK Suhartoyo Menolak Permohonan  Ganjar-Mahfud, Menolak Eksepsi Termohon dan Pihak Terkait Platmerah.net,Jakarta-Mahka mah Konstitusi (MK) ...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 88
  • Visit Today : 137
  • Visitors Total : 76545
  • Visit Total : 142391