Batik Kujur Bukit Asam Tampil di Indonesia Fashion Week (IFW) Tahun 2022 di Jakarta Convention Center

Sen, 18 Apr 2022 12:41:44pm Dilihat 1083 kali author aldo muara enim
20220418_123011
[Sassy_Social_Share]

“Batik Kujur Bukit Asam Siap Mendunia”
PLATMERAH I JAKARTA –Batik Kujur hasil produksi dari Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) Batik binaan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bukit Asam Tbk (PTBA) ikut ambil bagian dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan Indonesia Fashion Week (IFW) Tahun 2022  yang dihelat 13-17 April 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.
 
Tidak hanya itu, pada gelaran bergengsi IFW kali ini, yang merupakan ajang fashion terbesar di Indonesia diikuti talenta-talenta luar biasa dalam bidang fashion, PTBA berhasil menampilkan karya Batik Kujur. Torehan tinta emas diraih Batik Kujur Bukit Asam bersama desainer berbakat Eva Yasul dari Desa Seleman, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, dan 13 Entrepreneurs of Modest Fashion (EOMF) lainnya, tampil pada pagelaran bergengsi, IFW 2022, Pada Sabtu (16/04/2022).
 
“Perkembangan Batik Kujur di Tanjung Enim sangat baik dibawah binaan CSR PTBA, motif dan bahannya semakin bervariasi. Saya ingin membawa Batik Kujur keluar dan lebih dikenal, dan IFW ini merupakan ajang yang tepat untuk memperkenalkan Batik Kujur,” kata Eva.
 
Ia mengucapkan banyak terima kasih atas support yang sangat luar biasa dari PTBA. 
“Saya berharap dengan support yang luar biasa itu Batik Kujur tidak akan kalah dengan batik-batik lainnya,” harapnya.
 
Sebanyak 7 desain busana hasil rancangan Twinstyle by Eva Yasul diperagakan oleh model-model nasional tampil dengan sangat elegant. 
 
Sementara itu, Senior Manajer (SM) CSR PTBA Hartono didampingi Asisten Manajer (Assmen) Bina Lingkungan Listati menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wujud implementasi program CSR PTBA dalam upaya melestarikan budaya daerah sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat (khususnya untuk para pengrajin batik) melalui program pengembangan dan pemberdayaan. 
Dia mengatakan PTBA mendukung penuh kegiatan ini, karena apa yang ditampilkan di atas panggung adalah Batik Kujur yang merupakan salah satu Usaha Mikro Kecil (UMK) Binaan CSR PTBA. 
 
Harapan ke depan, dengan tampilnya produk hasil kerajinan di kancah nasional dapat membantu meningkatkan popularitas Batik Kujur.
 
“Yang tentunya juga akan berimbas pada peningkatan ekonomi para pengrajin khususnya masyarakat Dusun Tanjung Enim Kabupaten Muara Enim yang merupakan ring 1 wilayah operasi PTBA”, tutup SM CSR PTBA Hartono.
 
Untuk diketahui Batik Kujur merupakan khas batik Tanjung Enim atau tepatnya di Dusun Tanjung, Kecamatan Lawang Kidul yang merupakan cikal bakal (pertama,red) adanya berbagai batik di kabupaten Muara Enim, Bumi Serasan Sekundang. 
 
Bukan tanpa alasan, Lambang Kujur sendiri adalah nama salah satu benda pusaka (sejenis tombak) peninggalan dari puyang pelawe. Pengunaan nama kujur ini merupakan sebagai bentuk penghargaan dan ucapan terimakasih atas jasa-jasa Puyang Pelawe dalam menyebarkan agama Islam dan mendirikan Tanjung Enim tahun 1316 Masehi,?seperti yang tertera (tercatat,red) dalam buku “Batanghari Sembilan, Dari Abad” yang diterbitkan oleh Yayasan Purbakala dan Peninggalan Daerah Kabupaten LIOT Tahun 1980. (HAI)

News Feed

Memberatkan Masyarakat, PKB Minta Study Tour Dihapus

Sen, 13 Mei 2024 03:13:13pm

Memberatkan Masyarakat, PKB Minta Study Tour Dihapus Platmerah.net,Depok-Tragedi kecelakaan bus yang ditumpangi siswa SMK Lingga Kencana, Depok 11...

Partai Buruh Kota  Depok Meminta  Pemerintah Keluarkan Peraturan Ketat Terkait Pelaksanaan Study Tour

Sen, 13 Mei 2024 11:36:20am

Partai Buruh Kota  Depok Meminta  Pemerintah Keluarkan Peraturan Ketat Terkait Pelaksanaan Study Tour Platmerah.net,Depok- Unjuk rasa ratusan...

Depok Perlu Hubungan Koneksitas Yang Lebih Baik Lagi Dengan Pemerintahan Pusat..

Jum, 10 Mei 2024 10:26:45pm

  Depok Perlu Hubungan Koneksitas Yang Lebih Baik Lagi Dengan Pemerintahan Pusat..   Platmerah.Net,Depok- Kembali terbentuk Tim Relawan...

Basis 24 Gelar Bakti Sosial Periksa mata dan Pembagian Kaca Mata Gratis di Cisalak Pasar Depok

Rab, 8 Mei 2024 11:13:28pm

Basis 24 Gelar Bakti Sosial Periksa mata dan Pembagian Kaca Mata Gratis di Cisalak Pasar Depok Platmerah.Net,Depok-Kembali mengalir dukungan masyara...

Deklarasi Enam Partai Lakukan Perubahan pada Pilkada Kota Depok

Rab, 8 Mei 2024 07:10:37pm

Deklarasi Enam Partai Lakukan Perubahan pada Pilkada Kota Depok Platmerah.Net,Depok- Deklarasi Enam Partai Politik di Kota Depok melakukan...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 6
  • Visit Today : 6
  • Visitors Total : 77241
  • Visit Total : 143484